frontpage hit counter
Berita dari Anda

Silaturrahim Pemuda Muslim Asean, Bersatu Dalam Keragamaan

Silaturrahim Pemuda Muslim Asean, Bersatu Dalam Keragamaan

Hidayatullah.com–Pengurus Pusat Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) mengadakan majlis “Silaturahim Pemuda Muslim ASEAN” dengan menyusun tema “Pemuda Bersatu dalam Keragaman Budaya ASEAN dan Nusantara”, majlis ini diadakan di kawasan sekretariat Pengurus Pusat KAMMI Jakarta.

Silaturahim yang dilanjutkan dengan buka puasa bersamadan Dialog Kepemudaan Indonesia – Patani (Thailand Selatan) ini dihadiri oleh segenap Pengurus Pusat KAMMI dan Pengurus Himpunan Pelajar Patani di Indonesia (HIPPI).

Ketua Umum PP KAMMI, Kartika Nurrakhmandan Ketua Umum HIPPI, Hazmee Saleh turut menjadi narasumber dalam dialog kepemudaan lintas Negara tersebut.

Setelah buka puasa dilanjut dengan persentasi “Patani Dalam Kontek Historis” pemaparan realitas masyarakat Muslim di Patani (Thailand Selatan) oleh mahasisiwa Patani yang berkuliah di Indonesia.

Ketua Umum PP KAMMI mempersentasikan sejarah lahirnya Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) pada 29 Maret 1998 di Malang dan menjadi salah satu penggerak aksi reformasi 1998. KAMMI pada perkembangannya mentransformasikan diri dari gerakan aksi massa menjadi gerakan mahasiswa muslim yang berbasisliterasi, diskusi, dan aksi sosial. Kini KAMMI menjadi salah satu gerakan mahasiswa terbesar di Indonesia dengan jumlah kader dan alumni hingga ratusan ribu orang, memiliki ratusan cabang di berbagai wilayah Indonesia hingga luar negeri, dan memiliki jejaring luas hingga lingkup internasional.

Ketua Umum HIPPI juga mempersentasikan sejarah lahirnya Himpunan Pelajar Patani Di Indonesia (HIPPI) yang berada di Jakarta di dirikan pada tanggal 09 Oktober 2011, HIPPI adalah organisasi kemahasiswaan dan beroriantasi kemasyarakatan bagi umat bangsa Melayu Patani, HIPPI merupakan wadah perkumpulan pelajar yang datang dari Selatan Thailand, yaitu (Profensi Patani, Profensi Yala, Profensi Narathiwat dan Profensi sebahagian dari Songkla) dengan tujuan mencari pendidikan dan pengajian di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan menetap dan menempuh studi di Jakarta khususnya.

Semoga silaturrahim kali ini membawa banyak faedah demi terbukanya jalinan kerjasama yang baik dan semakin kuatnya rasa ukhuwah Islamiyah kita sebagai seorang Muslim walau dibatasi oleh sekat-sekat teritorial negara yang berbeda.*/Zulkifli bin Ahmad (Kholee Nusan)

Rep: Admin Hidcom

Editor: Cholis Akbar

Update aplikasi Hidcom untuk Android Sekarang juga !

Sebarkan :

Baca Juga

Kuliah Turki