frontpage hit counter
Info Haji & Umrah

Tolak ‘Internasionalisasi’ Haji, Ketua MUI: Pelayanan Saudi Semakin Baik

Tolak ‘Internasionalisasi’ Haji, Ketua MUI: Pelayanan Saudi Semakin Baik
zainal/hidayatullah.com
Ketua MUI Pusat Bidang Dakwah dan Pengembangan Masyarakat, KH Abdusshomad Buchori, pada acara Rakornas Dakwah MUI 2017 di Jakarta, Senin (08/05/2017).

Hidayatullah.com– Wacana internasionalisasi dua Tanah Suci Makkah-Madinah serta pelayanan haji dan umrah terus mendapat penolakan. Setelah Majelis Ormas Islam (MOI) dan Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI), penolakan juga diserukan berbagai tokoh umat.

Penolakan itu antara lain disampaikan oleh Ketua Majelis Ulama Ind0nesia (MUI) Pusat yang juga Ketua Umum MUI Jawa Timur, KH Abdusshomad Buchori.

“Tidak setuju dan tidak sependapat adanya internasionalisasi yang akan diurus oleh berbagai kalangan dari dunia ini,”  ujarnya dalam rekaman video pernyataannya diterima hidayatullah.com Jakarta, Sabtu (18/02/2018).

Baca: MOI-MIUMI Menolak Keras Internasionalisasi Pelayanan Haji dan Umrah

Kiai Somad, sapaannya, menyatakan, pihaknya lebih setuju dengan pengelolaan kedua Tanah Suci serta haji dan umrah yang selama ini dilakukan pihak Kerajaan Arab Saudi dan dinilainya semakin baik.

“Mutlak oleh Saudi Arabia oleh karena selama ini telah berlangsung di dalam pengelolaan haji dengan baik, dan bahkan setiap tahun menjadi lebih baik,” ujarnya di suatu tempat.

“Karena itu, kami sepakat bahwa tetap khadimul haramain (pelayan dua Tanah Haram, Red) adalah Saudi Arabia,” pungkasnya.*

Baca: ‘Internasionalisasi Dua Tanah Suci’ Ditolak Demi Kelangsungan Haji-Umrah

Rep: SKR

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Update aplikasi Hidcom untuk Android Sekarang juga !

Sebarkan :

Baca Juga

Umroh Akbar Arifin Ilham

Gedung PPH