frontpage hit counter
Internasional

India akan Gunakan Air Kencing Sapi untuk Bersihkan Gedung Pemerintah

India akan Gunakan Air Kencing Sapi untuk Bersihkan Gedung Pemerintah

Hidayatullah.com–Air kencing sapi kemungkinan dalam waktu dekat akan digunakan untuk membersihkan lantai gedung-gedung pemerintah di India.

Sebuah lembaga amal yang bekerja merawat dan melindungi sapi-sapi yang bebas berkeliaran di jalan-jalan di India telah mengembangkan produk pembersih lantai yang menggunakan air kencing sapi.

“Awalnya ketika kami mencoba produk itu, sangat bau sekali. Tak seorang pun yang mau menggunakannya. Oleh karena itu sekarang kami menyuling air kencing tersebut dan menambahkan bahan-bahan alami seperti minyak pinus untuk menyamarkan baunya,” kata Anuradha Modi dari Holy Cow Foundation.

Modi mengatakan dia sedang berupaya mencapai kesepakatan dengan sebuah perusahaan penyedia keperluan rumahtangga bagi pemerintah agar pembersih dari kencing sapinya yang dinamakan “Gaunyle” bisa digunakan. Gau adalah bahasan Hindi untuk sapi.

“Kami telah menguji produknya di laboratorium dan dapat kami katakan bahwa itu jauh lebih baik dibanding phenyl yang anda temukan di pasaran yang dipenuhi dengan bahan kimia,” kata wanita itu kepada AFP.

“Kami ingin menciptakan pasar untuk kencing sapi dan saya dapat mengatakan suplainya tidak akan menjadi masalah.”

Sebagaimana diketahui, sapi dalam tradisi masyarakat Hindu India dianggap sebagai hewan yang suci, agung dan sakral. Kotoran hewan itu bahkan dianggap mampu menyembuhkan penyakit dan menghilangkan dahaga.

Air kencing sapi sebagai pembersih lantai merupakan produk terbaru dari pemanfaatan kotoran hewan sakral itu, yang sebelumnya juga digunakan untuk menghasilkan produk termasuk sabun, obat-obatan dan bahkan minuman ringan yang diklaim “sehat” sebagai alternatif dari Pepsi dan Coke.

Sapi, yang di India juga dikenal sebagai Kamdhenu yang berarti memenuhi kebutuhan manusia, dalam kitab Hindu disebut sebagai “ibu” dari peradaban.

Kedudukan sapi semakin istimewa di India setelah Narenda Modi yang berasal dari partai nasionalis Hindu menang besar dalam pemilihan perdana menteri bulan Mei tahun lalu.

Partai Bharatiya Janata yang menaungi Modi berjanji dalam kampanyenya akan melindungi sapi-sapi.

Laporan Economic Times hari Jumat (9/1/2014) mengutip pernyataan seorang kepala perusahaan penyedia barang kebutuhan rumahtangga untuk pemerintah mengatakan bahwa kantor-kantor pemerintah memuji pembersih dari kencing sapi itu.

“Itu produk yang baik untuk kesehatan atau safai karamcharis (pembersih) dan juga bagi sapi,” kata Jagdish Bhatia kepada Economic Times.*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Update aplikasi Hidcom untuk Android Sekarang juga !

Sebarkan :

Baca Juga

Bank Muamalat

Gedung PPH