frontpage hit counter
Internasional

Raja Salman Berikan Tunjangan Baru untuk PNS

Raja Salman Berikan Tunjangan Baru untuk PNS
Raja Salman bin Abdulaziz al Saud

idayatullah.com–Raja Salman Bin Abdulaziz hari Sabtu (06/01/2018) memerintahkan pembayaran bulanan 1.000 Riyal (S $ 353) ke pegawai negeri sipil tahun depan untuk mengkompensasi kenaikan biaya hidup menyusul kebijakan baru pajak pertambahan nilai (PPN) untuk sejumlah barang dan jasa per 1 Januari 2018.

Dalam sebuah keputusan kerajaan yang diterbitkan oleh media lokal, raja juga memerintahkan 5.000 riyal (S $ 1.770) untuk personil militer yang bertugas di Yaman di mana negara tersebut terlibat dalam perang tiga tahun, tulis Reuters.

Arab Saudi, eksportir minyak terbesar di dunia, menaikkan harga minyak sekitar hari Senin pada tanggal 1 Januari sebagai inisiatif reformasi yang bertujuan untuk mengesankan ekonominya. 5 persen PPN juga diberlakukan atas barang dan jasa pada hari yang sama.

Baca: Arab Saudi Gunakan Kalender Masehi untuk Pembayaran Gaji

Perintah untuk pembayaran baru adalah untuk mengenali “beban yang ditanggung oleh beberapa segmen masyarakat setelah tindakan yang diambil untuk mengubah struktur ekonomi” sesuai dengan keputusan tersebut.

Raja Salman juga memerintahkan agar pemerintah dikenai PPN untuk beberapa sektor, termasuk layanan kesehatan dan pendidikan serta pembelian rumah pertama yang bisa menghabiskan biaya hingga 850.000 riyal (S $ 300.000). Tunjangan untuk siswa, pensiunan dan penerima manfaat juga meningkat.

Baca: Arab Saudi Potong Gaji dan Tunjangan Pejabat

Pada bulan September tahun lalu, Pemerintah Kerajaan Arab Saudi pernah memotong gaji menteri sebesar 20 persen dalam upaya penghematan anggaran ketika harga minyak anjlok. Tak hanya menteri, gaji PNS yang merupakan dua pertiga dari para pekerja Saudi juga dipangkas.

Para pejabat ekonomi Saudi menyoroti angka yang mengarah pada pemulihan ekonomi.

Arab Saudi juga berencana untuk menghilangkan subsidi secara bertahap untuk produk energi, sesuai anggaran tahun 2018.

Di Arab Saudi, lebih dari 90 persen penerimaan negara berasal dari industri minyak *

Rep: Panji Islam

Editor: Cholis Akbar

Update aplikasi Hidcom untuk Android Sekarang juga !

Sebarkan :

Baca Juga

Bank Muamalat

Gedung PPH