frontpage hit counter
Internasional

Bocah Berambut Beku ‘Ice Boy’ Potret Kemiskinan di China

Bocah Berambut Beku ‘Ice Boy’ Potret Kemiskinan di China

Hidayatullah.com—Seorang bocah lelaki China berusia 8 tahun, yang dijuluki Ice Boy oleh pengguna media sosial, menyulut perdebatan heboh di dunia maya soal wajah kemiskinan di negara tirai bambu itu.

“Ice Boy” atau “Little Wang” hari Senin (8/1/2018) menjadi viral, setelah fotonya dengan tangan bengkak membeku, pipi merah serta rambut putih membeku seperti salju, beredar di dunia maya.

Orang-orang sebagian bersimpati dengan keteguhan bocah bernama Wang Fuman itu, yang pergi ke sekolahnya di Ludian, Provinsi Yunnan, dalam cuaca dingin mencekam hanya dengan pakaian ala kadarnya.

Media milik pemerintah China News Service melaporkan bahwa bocah itu berjalan kaki 4,5 kilometer untuk sampai ke sekolah, dalam waktu tempuh satu jam. Ketika foto dirinya diambil oleh gurunya, hari itu cuaca sangat dingin dengan temperatur -9 derajat Celcius.

Guru Wang memotret tangannya yang bengkak membeku di atas selembar kertas ujian yang tertera nilai nyaris sempurna, 99 dari 100. Gurunya ingin menunjukkan kepada sejawatnya dan kepala sekolah bahwa meskipun dalam kondisi sangat kedinginan muridnya itu bisa berprestasi dengan sangat baik.

Namun, ketika foto itu tersebar luas di medsos, publik justru mengkritik pemerintah Xi Jinping yang dianggap tidak bertindak banyak guna mengatasi kemiskinan. Seperti diketahui, Xi Jinping berjanji akan membasmi kemiskinan di wilayah pedesaan dan pelosok China.

Jurnalis dari situs populer Pear Video meliput kondisi tempat tinggal keluarga Wang.

“Rumahnya terbuat dari lumpur dan bata dan sudah sangat reot,” lapor Pear Video.

Warganet banyak yang memuji tekad baja Wang untuk pergi ke sekolah meskipun jaraknya jauh dan harus ditempuh dengan berjalan kaki sementara cuaca sangat dingin. Mereka juga memujinya karena dinilai sadar akan pentingnya pendidikan untuk masa depan.*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Update aplikasi Hidcom untuk Android Sekarang juga !

Sebarkan :

Baca Juga

Bank Muamalat

Gedung PPH