frontpage hit counter
Nasional

4 Jam, Rp 41 Juta Digalang Pemuda Balikpapan untuk Aleppo-Aceh

4 Jam, Rp 41 Juta Digalang Pemuda Balikpapan untuk Aleppo-Aceh
IST/hidayatullah.com
Aksi penggalangan dana peduli Aleppo-Aceh di persimpangan jalan depan Plaza Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (24/12/2016). Diinisiasi oleh Syabab Hidayatullah Balikpapan.

Hidayatullah.com– Seratusan kurang pemuda Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, melakukan penggalangan dana kepedulian untuk Aleppo dan Aceh, Sabtu (24/12/2016).

Koordinator Aksi, M Fauzan HK, mengatakan, aksi yang berlangsung selama sekitar pukul 13.00 – 17.00 WITA ini berhasil menggalang dana hampir Rp 42 juta.

“Total (dana terkumpul) Rp 41.838.000 selama (aksi) kurang lebih 4 jam,” ujarnya di Balikpapan, Ahad (25/12/2016).

Fauzan menjelaskan, di antara tujuan aksi ini sebagai kepedulian atas pembantaian terhadap ribuan umat Islam di Aleppo, Suriah, oleh rezim Bashar Al-Assad dan sekutunya.

Juga sebagai bentuk kepedulian terhadap korban gempa bumi di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh beberapa waktu lalu.

Megabintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo Ajak Dunia Bantu Anak Aleppo

“(Kami berupaya) meringankan beban duka saudara-saudara yang terkena musibah. (Sekaligus) mengingatkan masyarakat tentang kesadaran bersosial,” jelas mantan pengurus Keluarga Pelajar Mahasiswa Kalimantan Timur (KPMKT) Jakarta ini.

Selain itu, dengan keterlibatan para pemuda, jelasnya, aksi yang sempat diwarnai hujan ini diharapkan menjadi pelajaran bagi mereka sebagai agen kontrol sosial di masyarakat.

Sedangkan di sisi lain, ia mengatakan, aksi tersebut untuk mempertegas posisi pendonasi sebagai pihak yang membela kaum tertindas.

Tujuan terpenting dari aksi ini, Fauzan mengatakan, “Mengharapkan ridha Allah Subhanahu Wata’ala.”

Penggalangan dana di jalan-jalan Kota Balikpapan (24/12/2016).

Penggalangan dana di jalan-jalan Kota Balikpapan (24/12/2016).

Disambut Cukup Antusias

Aksi solidaritas itu disambut cukup antusias oleh warga Balikpapan. Di antaranya terlihat dari jumlah yang diperoleh melebihi target.

“Sebenarnya target kami terkumpul Rp 20 juta,” ujar Fauzan.

Pihaknya menyampaikan terima kasih sekaligus apresiasi atas cukup tingginya antusias masyarakat Balikpapan menyambut penggalangan dana yang dimulai dengan doa bersama itu.

“Ada satu orang yang ngasih uang sebesar Rp 500 ribu,” ungkapnya mencontohkan antusiasme tersebut.

KH Ma’ruf Amin: Jadikan Spirit Aksi 212 untuk Membantu Aceh

Dalam aksi pada siang-sore ini, para peserta yang kebanyakan mahasiswa dan pelajar itu melakukan penggalangan dana pada empat titik persimpangan jalan di perkotaan Balikpapan.

Kegiatan bertajuk “Aksi Peduli Kemanusiaan Aceh – Aleppo” ini digelar di kawasan Terminal Dam, Balikpapan Baru, simpang Plaza Rapak, dan simpang Plaza Balikpapan.

“Jumlah peserta aksi sekitar 80 orang,” ujarnya.

Aksi ini diinisiasi oleh organisasi kepemudaan Syabab Hidayatullah Balikpapan bekerja sama dengan sejumlah elemen pemuda lainnya.

Yaitu Badan Eksekutif Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Syariah (BEM STIS), komunitas el-FATAH, el-HARAKAH, dan Madrasah Aliyah Raadhiyatan Mardhiyyah Putra (MARAMA).

Dana yang terkumpul itu kemudian disalurkan melalui lembaga amil zakat nasional BMH dan lembaga kemanusiaan Sahabat Suriah (SS).*

Rep: SKR

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Update aplikasi Hidcom untuk Android Sekarang juga !

Sebarkan :

Baca Juga

Umroh Akbar Arifin Ilham

Gedung PPH