frontpage hit counter
Nasional

Ormas-ormas Pemuda Islam Sepakat Tindaklanjuti Kerja Sama Ekonomi

Ormas-ormas Pemuda Islam Sepakat Tindaklanjuti Kerja Sama Ekonomi
ist.
Halal bi Halal Ormas Pemuda Islam 2017 di Rumah Makan Al Jazeera Cipinang, Jakarta, Syawal 1438 H, Sabtu, 14 Juli 2017.

Hidayatullah.com– Puluhan ormas pemuda Islam bersepakat untuk menindaklanjuti kerja sama antara lain di bidang ekonomi. Demikian hasil pertemuan mereka di Rumah Makan Al-Jazeera, Cipinang Cempedak, Jakarta Timur, pekan kemarin.

Kerja sama ekonomi ini dengan membentuk task-force (gugus tugas). Juga akan dibuat pola komunikasi khusus dengan agenda-agenda seperti pelatihan bisnis, fasilitas sumber pembiayaan, dan hal-hal teknis lainnya.

Baca: Silaturrahim Pemuda Muslim Asean, Bersatu Dalam Keragamaan

Pertemuan dalam bentuk Halal bi Halal Ormas Pemuda Islam 2017, Sabtu (14/07/2017), itu dihadiri para pimpinan dan perwakilan setiap ormas pemuda Islam.

“Seperti Pemuda Persis, Pemuda PUI, Syabab Hidayatullah, Pemuda DDII, Pemuda Muslimin Indonesia SI, Pemuda Muslimin Indonesia SII, BKPRMI, JPRMI, Wanita Islam, Korma, dan lainnya,” demikian keterangan pers yang diterima hidayatullah.com, Ahad (16/07/2017).

Kegiatan dipandu oleh sejumlah anggota Komisi Ukhuwah MUI Pusat. Di antaranya Haris Banaji (Jam’iyatul Washliyah), Nurhasan Zaidi (PUI), Amirudin (Muhammadiyah), dan Wido Supraha.

Baca: Pemuda Harus Berperan Bangkitkan Ekonomi Syariah

“Kesempatan ini dimanfaatkan untuk semakin mencairkan dan mengakrabkan di antara para pimpinan ormas pemuda, sekaligus membincangkan tema pengembangan ekonomi umat berbasis kepemudaan,” terangnya.

Selain mendengarkan paparan dari Nurhasan terkait inisiasi kerja sama dengan beberapa pihak yang fokus pada pengembangan pemuda, diskusi juga menghadirkan Suaidi dari Komisi Ekonomi MUI Pusat.

Suaidi membahas daftar kesempatan yang dapat ditindaklanjuti bersama hasil turunan Konferensi Ekonomi Umat (KEU) yang digelar MUI beberapa waktu lalu di Jakarta.

Baca: Deklarasi KEU, Ekonomi Syariah Diarusutamakan dalam Perekonomian Nasional

Halal bi Halal ini ditutup dengan kesepakatan akan kembali mengadakan pertemuan berikutnya bulan depan, dengan tema-tema strategis yang akan ditentukan kemudian.

Seperti, bagaimana menemukan format kaderisasi paling efektif untuk setiap organisasi pemuda Islam dan bagaimana menyikapi perkembangan isu-isu strategis keumatan yang perlu disikapi secara cepat dan bersama.

“Semoga berawal dari intensifnya pertemuan di antara ormas pemuda Islam, melahirkan kesamaan cara pandang, saling memahami akan perbedaan, dan keinginan untuk kerja sama lebih intensif dan serius di masa mendatang,” sebutnya.

Baca: MUI Berharap, Ada Kesamaan Pandangan dan Pergerakan Organisasi Pemuda Islam

Pertemuan itu dalam rangka menindaklanjuti hasil Silaturahim Akbar Nasional Ormas Pemuda Islam 2017 yang digelar Komisi Ukhuwah MUI Pusat di Hotel Sofyan Cut Meutia, Jakarta, Sabtu-Ahad, 20-21 Mei 2017 lalu.*

Rep: SKR

Editor:

Update aplikasi Hidcom untuk Android Sekarang juga !

Sebarkan :

Baca Juga

Kuliah Turki