frontpage hit counter
Nasional

Jokowi Sebut Permasalahan Guru Harus Disederhanakan

Jokowi Sebut Permasalahan Guru Harus Disederhanakan
muhammad abdus syakur/hidayatullah.com
Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hidayatullah.com– Presiden Joko Widodo menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada para guru yang tersebar di seluruh pelosok Tanah Air. Presiden mengaku sadar peran seorang guru yang telah menghasilkan anak-anak yang berkualitas pada bidangnya masing-masing.

“Saya sampaikan penghargaan, apresiasi yang tinggi kepada seluruh guru di Tanah Air, guru-guru yang berada di desa-desa, pulau-pulau terpencil, pulau terluar, dan di daerah perbatasan,” ucap Presiden seraya membungkukkan badan sebagai tanda salam hormat takzim kepada 38 ribu guru dari seluruh Indonesia yang hadir saat memperingati Hari Guru Nasional sekaligus Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-72.

Presiden pun menambahkan, “Saya percaya peningkatan mutu guru perlu dibarengi dengan kebaikan kesejahteraan yang tentu harus disesuaikan dengan kemampuan negara,” katanya di Lapangan Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (02/12/2017).

Baca: Presiden: Peran Guru Tetap Tak Tergantikan

Presiden pun menitip pesan kepada Mendikbud, Menpan, Gubernur, Bupati, dan Wali Kota terkait komitmen pemerintah untuk melaksanakan undang-undang guru dan dosen dengan baik, serta mendorong terlaksananya sertifikasi yang tepat waktu dan tepat jumlah dan sistem layanan tata kelola guru agar lebih cepat, efektif, efisien, dan transparan .

“Jangan lagi ruwet-ruwet, jangan lagi mbulet-mbulet semuanya harus dapat disederhanakan,” sebut Presiden.

Presiden juga mengaku akan memastikan kekurangan guru di seluruh Tanah Air akan diisi dengan baik, tanpa meninggalkan kesempatan bagi guru yang telah mengabdi dengan gigih. Utamanya guru-guru yang berada pada daerah 3T; terdepan, terluar, dan tertinggal.

“Kekurangan guru akan diisi secara bertahap sesuai kemampuan pemerintah dengan mengedepankan meritocracy (meritokrasi) dan guru-guru yang telah mengabdi lama, sepanjang memiliki kualifikasi dan kompetensi akan diberikan kesempatan terlebih dahulu,” ucap Presiden.

Turut hadir mendampingi Presiden dalam acara tersebut adalah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Kepala Staf Keprersidenan Teten Masduki, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Ketua Umum Pengurus Besar PGRI Unifah Rosyidi, demikian dilansir.* Zulkarnain

Baca: DPR Temukan Info 136 Guru Madrasah Tak Dapat Tunjangan ini

Rep: Admin Hidcom

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Update aplikasi Hidcom untuk Android Sekarang juga !

Sebarkan :

Baca Juga

Bank Muamalat

Gedung PPH