frontpage hit counter
Nasional

Agenda Kemenag Sidang Isbat 1 Ramadhan Selasa Sore ini

Agenda Kemenag Sidang Isbat 1 Ramadhan Selasa Sore ini
kemenag
Jumpa pers Sidang Itsbat Kemenag penetapan 1 Ramadhan 1438 H di kantor Kemenag, Jakarta Pusat, Jumat (26/05/2017) malam.

Hidayatullah.c0m– Kementerian Agama (Kemenag) pada sore hari ini, Selasa (15/05/2018), akan menggelar sidang isbat untuk menetapkan 1 Ramadhan 1439H.

“Tanggal 15 Mei 2018, mulai pukul 17.00 WIB, Kementerian akan gelar sidang isbat penetapan awal bulan Ramadan 1439H,” jelas Kemenag melalui akun resminya di Instagram @kemenag_ri kemarin.

Sidang isbat awal Ramadhan tersebut akan digelar di Auditorium HM Rasjidi Kemenag, Jl MH Thamrin, No 6, Jakarta Pusat.

Baca: Soal Penetapan Ramadhan dan Syawal, Al-Irsyad: Perjanjian Hudaibiyah Bisa Jadi Inspirasi Ormas Islam

Pantauan hidayatullah.com, masyarakat khususnya kaum Muslimin sudah mempersiapkan diri menyambut Ramadhan. Spanduk-spanduk ucapan selamat melaksanakan Ramadhan 1439 H sudah bertebaran di berbagai tempat.

Sebagian warga memprediksi 1 Ramadhan 1439 H jatuh pada Rabu (16/05/2018), sebagaimana obrolan yang terdengar di Pasar Pucung, Kalimulya, Depok, Jawa Barat. “Besok mulai sahur,” terdengar ucapan seseorang kepada warga lainnya, Selasa siang.

Baca: Menteri Agama berupaya samakan penetapan awal Ramadhan

Sementara itu, beredar sebuah video Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin yang menyebutkan tanggal 1 Ramadan jatuh pada hari Kamis, 17 Mei. Begini penjelasan Lukman.

“Itu, kan, rekaman TVRI. Kita menentukan 1 Ramadan, 1 Syawal, prosedurnya ditayangkan seusai sidang isbat. Lalu dihadirkan 2 versi, versi hilal terlihat dan versi hilal tidak terlihat,” jelas Lukman di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (15/05/2018) kutip Detik.

Baca: Tips Sehat Berpuasa Ramadhan

Video yang beredar luas tersebut tampak tidak seperti video resmi, baik dari segi pengambilan gambar ataupun suara. Video tersebut terlihat seperti Instastory.

“Yang beredar rekaman versi hilal tidak beredar. Itu rekaman antisipasi jika hilal tidak terlihat. Sangat tergantung setelah maghrib seperti apa,” terangnya.

Lukman pun menambahkan, Kemenag baru menggelar sidang isbat nanti sore. Jika hilal terlihat, pemerintah akan memutuskan 1 Ramadan jatuh pada Rabu (16/05/2018) besok. Lukman berharap seluruh umat Islam di Indonesia puasa dan Idul Fitri secara serentak.

“Kita berupaya bagaimana agar umat Islam Indonesia mengawali dan akhiri puasa secara bersama-sama. Mudah-mudahan ini dikabulkan,” ujar Lukman.* (Update pukul 15.10 WIB)

Baca: “Ramadhan Bulan Pendidikan”

Rep: SKR

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Update aplikasi Hidcom untuk Android Sekarang juga !

Sebarkan :

Baca Juga

Umroh Akbar Arifin Ilham

Gedung PPH