frontpage hit counter
Palestina Terkini

1000 Lebih Warga Palestina Tewas Akibat Blokade ‘Israel’ di Gaza

1000 Lebih Warga Palestina Tewas Akibat Blokade ‘Israel’ di Gaza
rtr
Remaja Gaza meninggal ditembak zionis

Hidayatullah.com–Lebih dari 1.000 warga Palestina tewas akibat blokade 11 tahun ‘Israel’ atas Jalur Gaza. Situs Arab48 memberitakan, koordinator badan-badan amal Ahmed Al-Kurd mengatakan bahwa “450 dari jumlah tersebut tewas akibat runtuhnya sistem pelayanan kesehatan dan kurangnya obat-obatan, perlengkapan medis dan transfer pengobatan ke luar Gaza.”

“Penggunaan lilin, kayu dan generator listrik mengakibatkan kebakaran di rumah-rumah dan sejumlah pabrik yang menewaskan warga,” katanya. Ia memperkirakan sekitar 100 warga Palestina tewas karena hal itu.

Baca: Pimpinan Hamas di Gaza Meninggal Akibat Luka Tembak

Al-Kurd juga mengatakan bahwa 350 warga Gaza tewas ketika mereka bekerja di terowongan –yang merupakan satu-satunya jalur kehidupan bagi warga Gaza– atau mereka tewas oleh angkatan laut penjajah Zionis ketika sedang menangkap ikan di laut.

“Sekarang, kami menyerukan kepada dunia: selamatkan Gaza dari kondisi berbahaya ini,” kata Al-Kurd.

“Berapa lama kalian akan menunggu dan berapa banyak lagi korban yang kalian inginkan agar kalian melakukan tindakan?” tanyanya.

Baca: Angkatan Laut Israel Membunuh Nelayan Palestina

Ia menggambarkan Jalur Gaza –rumah bagi lebih dari dua juta penduduk– sebagai “zona yang dilanda bencana di semua tingkat.”

Oleh karena itu, ia menyerukan dunia untuk mencari solusi guna mengatasi krisis listrik.

Al-Kurd menuntut pemerintah Otoritas Palestina yang berkedudukan di Ramallah untuk menyediakan kebutuhan medis, bantuan kemanusiaan dan gaji warga Gaza, serta berusaha untuk membuka pelintasan Gaza.*

Rep: Middle East Monitor | Sahabat Al-Aqsha

Editor: Cholis Akbar

Update aplikasi Hidcom untuk Android Sekarang juga !

Sebarkan :

Baca Juga

Bank Muamalat

Gedung PPH