frontpage hit counter
“Darurat Asap” di Bundaran HI “Darurat Asap” di Bundaran HI “Darurat Asap” di Bundaran HI “Darurat Asap” di Bundaran HI “Darurat Asap” di Bundaran HI “Darurat Asap” di Bundaran HI “Darurat Asap” di Bundaran HI “Darurat Asap” di Bundaran HI “Darurat Asap” di Bundaran HI “Darurat Asap” di Bundaran HI

“Darurat Asap” di Bundaran HI

Hidayatullah.com– Dampak bencana kabut asap dirasa sudah sangat menghawatirkan. Selain membatasi jarak pandang berkendara, asap juga menyerang kesehatan masyarakat. Hal ini yang dirasakan langsung oleh beberapa kelompok sehingga membuat gerakan peduli asap.

Di antaranya adalah IJLM atau Ikatan Jurnalis Lintas Media, Ikatan Mahasiswa Kalimantan Tengah (IMKA), Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI), dan Solidaritas Anak Negri (SAN).

Melakukan gerakan sosial untuk para korban asap di Sumatera dan Kalimantan. Aksi tersebut dilakukan di kawasan Car Free Day, Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta, Ahad (11/10/2015).

Dalam kegiatan tersebut, puluhan peserta aksi peduli asap mengelilingi Bundaran HI. Mereka membawa spanduk dan poster berisi seruan penuntasan masalah asap, satu di antaranya bertuliskan “Usut Tuntas Pembakar Hutan”.

“Indonesia Darurat Asap, Kami Tidak Akan Diam. #MelawanAsap”. Seruan pada spanduk lainnya.

Aksi ini merupakan untuk mengingatkan pemerintah yang dinilai lamban menangani bencana asap. Mereka pun mengadakan penggalangan dana yang akan dibelikan masker dan tabung oksigen bagi masyarakat yang menjadi korban asap.

Tampak salah seorang peserta aksi yang memakai baju kesenian daerah Kalimantan lengkap dengan tameng. Dia juga memakai masker yang menggambarkan kondisi yang dilanda daerah tersebut akibat kabut asap. [Baca: Peduli Asap, Puluhan Jurnalis Gelar Aksi Sejuta Masker]

Aksi dilakukan di seputaran Bundaran HI agar masyarakat yang sedang berolahraga turut membantu serta mengangkat bencana kabut asap menjadi isu nasional.*

Foto dan teks: Rifa’i Fadhly/Hidayatullah.com

Baca Juga