Jurus Persaudaraan Jurus Persaudaraan Jurus Persaudaraan Jurus Persaudaraan Jurus Persaudaraan Jurus Persaudaraan Jurus Persaudaraan Jurus Persaudaraan Jurus Persaudaraan Jurus Persaudaraan

Jurus Persaudaraan

Ya, jurus ini tidak sembarangan. Bukan jurus pencak silat maupun beladiri lainnya. Ini adalah “jurus persaudaraan”.

Gambar-gambar pada galeri ini menampakkan keakraban para dai se-Nusantara yang berkumpul di Gunung Tembak, Balikpapan, Kalimantan Timur, belum lama ini.

Setelah sekian lama berpisah raga dan tempat tugas, ribuan dai itu dipertemukan kembali oleh Allah dalam momen Musyawarah Nasional IV Hidayatullah.

Tak pelak, acara lima tahunan yang digelar pada 25-28 Muharram 1437 H (07-10/11/2015) itu sekaligus menjadi ajang temu kangen para juru dakwah tersebut.

Berbagai ekspresi kegembiraan dan kebahagiaan bertemu saudara-saudara seperjuangan pun mereka tampakkan. Dari bersalamaan, berangkulan, berbagi cerita, berbagi senyum dan tawa, hingga berfoto bareng.

Segala perilaku itu tampaknya sudah menjadi jurus jitu mereka untuk mempererat ukhuwah Islamiyah. Semoga ikatan persaudaraan sesama Muslim itu meluas dan merambah ke seantero dunia, tak lagi tersekat oleh batas-batas harakah.*

Foto dan teks: Muh. Abdus Syakur/Hidayatullah.com

Baca Juga