frontpage hit counter
Kesehatan

Ini Penyakit Berbahaya Bila Memakan Daging Babi [1]

Ini Penyakit Berbahaya Bila Memakan Daging Babi  [1]
Penyakit disebabkan oleh Streptococcus suis

Hidayatullah.com—Tahukah Anda bahwa memakan daging babi sesungguhnya sama dengan mengundang masuknya banyak penyakit ke dalam tubuh kita.

Di bawah ini beberapa penyakit yang diakibatkan karena memakan daging babi, sebagaimana dikutip laman  missnews.net.

Penyakit zoonosis , sepsis

Ini adalah 2 penyakit menular dari babi. Orang dengan nanah meningitis dan infeksi darah yang disebabkan oleh Streptococcus suis (merupakan agen penyebab berbagai penyakit pada babi) ke orang menyebar dengan memakan lebih banyak sup, daging babi, serta hati babi yang tidak terjamin kebersihannya.

Tanda-tanda orang yang zoonosis  adalah demam, sakit kepala, mual dan muntah, dingin yang menusuk.

Baca: Sebuah Kota di Denmark Jadikan Babi Makanan Wajib

Karena kerusakan membran di otak, pasien memiliki tanda-tanda gangguan, mungkin koma, berdengung atau telinga tuli, beberapa orang masih menderita kelumpuhan kaki.

Juga infeksi darah yang disebabkan oleh Streptococcus suis, maka akan memiliki tanda-tanda demam, nyeri otot, sakit tenggorokan, bahkan infeksi mengejutkan sampai mengakibatkan koma. Jenis bakteri pada saluran pernapasan babi menjalar melalui memakan lebih banyak sup yang mengandung bakteri hidup sehingga menyerang tubuh dan menyebabkan penyakit.

Selain infeksi Streptococcus suis, kontak langsung dengan babi dapat membawa penyakit babi, infeksi atau infeksi daging matang. Bakteri akan menembus melalui luka pada kulit atau mukosa hidung, mulut ke dalam tubuh.

Meskipun ada banyak peringatan dalam 3 bulan terakhir secara berturut-turut tahun lalu, Amerika mengakui adanya kematian dengan memakan lebih banyak sup babi serta jantung babi yang tidak terjamin kebersihannya. Ini peringatan bagi mereka yang tertarik pada makanan segar.

Infeksi cacing spiral

Ini adalah penyakit menular atau akut karena larva cacing ini membelit, jika tidak segera diobati, penyakit ini akan memiliki komplikasi yang berbahaya, bahkan kematian.

Cacing dari babi yang terinfeksi menular ke manusia ketika orang makan masakan babi seperti masakan regional seperti daging babi, daging babi guling, daging asap atau asin, serta makan berlebihan sup daging babi.

Baca:  Waspada, Babi Menginvasi Kehidupan Kita [1]

Penyakit ini tak mengenal usia. Tingkat penyakit tergantung tingkat larva, bagian yang diserang adalah gangguan pencernaan. Jika pasien terlalu gemuk maka kondisi akan semakin parah. Setelah sekitar 15 hari saat larva dari darah ke otot dan membentuk pembuluh darah seperti kepompong, memiliki manifestasi pokok sebagai berikut: demam, sakit busung otot. Jika tidak segera diobati mungkin memiliki lebih banyak terjadi komplikasi seperti gagal pernafasan, gagal hati, gagal jantung, penipisan, sakit kepala, mengigau. Selain itu, ada juga penyakit telinga biru babi.

Penyakit telinga biru babi

Ini adalah penyakit yang sering menyebabkan pandemi dan membunuh babi, itu adalah kengerian petani. Penyakit telinga biru babi tidak menyebar ke orang tapi memiliki sekitar 70% dari virus yang terkait dengan penyakit lain seperti flu babi, kolera unggas, tipus dan tentu saja dapat menyebabkan bahaya bagi kehidupan.

Baca: Waspada, Babi Menginvasi Kehidupan Kita [2]

Penyakit berbahaya yang umum ketika makan babi adalah ancaman yang tak  terhingga dari daging babi itu sendiri.

Penyakit bakteri streptococcus pada babi

Penyakit bakteri streptococcus adalah penyakit infeksi yang dapat terjadi di sebagian besar hewan berdarah panas, termasuk babi. Penyakit ini sangat menular ke manusia ketika menelan sup babi yang terjangkit streptococcus, realitas di negara kita, lebih dari 70% dari pasien yang terinfeksi dengan bakteri streptococcus adalah dengan makan lebih banyak sup daging babi.

Atau melalui luka mereka, berupa goresan di kulit. Penyakit streptococcus babi bisa menular saat merawat transportasinya, menyembelihnya, dagingnya, sampai darah babi yang mengandung penyakit.

Penyakit ini juga didapati dari penyakit pernapasan yang disebabkan oleh menghirup bakteri streptococcus di udara yang disebabkan oleh batuk babi, bersin yang menembak keluar atau kebiasaan orang-orang membeli daging yang biasanya menempatkan daging ke hidung mereka untuk menciumnya.*/ Ummu Robi’ah   

Rep: Admin Hidcom

Editor: Cholis Akbar

Update aplikasi Hidcom untuk Android Sekarang juga !

Sebarkan :

Baca Juga