Kesehatan

Tidak Merokok Bantu Kurangi Risiko Penyakit Tidak Menular

Tidak Merokok Bantu Kurangi Risiko Penyakit Tidak Menular
Ali Muhtadin/hidayatullah.com
Diskusi fokus tentang perokok di Gedung Dakwah Muhammadiyah, Jakarta, Kamis (30/03/2017).

Hidayatullah.com– Tidak merokok atau berhenti merokok dinilai turut membantu upaya mengurangi risiko penyakit tidak menular yang menyebabkan angka kematian dini.

Team Leader Sekretariat Sustainable Development Goals (SDGs), Nina Surdjani mengatakan, angka kematian dini akibat penyakit tidak menular (PTM) harus dikurangi.

Hal itu disampaikannya dalam diskusi bertema “Menurunkan Prevalensi Perokok Demi Pembangunan Bangsa yang Berkualitas” di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Menteng, Jakarta, Kamis (30/03/2017).

Baca: Ketua Muhammadiyah: Membeli Rokok Pemborosan

Tren penyakit tidak menular tersebut disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, diet yang tidak sehat, kurangnya aktivitas fisik, dan merokok, jelas Nina.

“Sebagian besar mereka yang punya penyakit tidak menular tidak sadar akan penyakit, lalu prevalensi itu meningkat,” tandas pensiunan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) ini.

Kata Nina, SDGs mendukung pengurangan faktor risiko penyakit tidak menular, yaitu dengan tidak merokok.

Diketahui, SDGs atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan adalah 17 tujuan dengan 169 capaian yang terukur dan tenggat yang telah ditentukan oleh PBB, sebagai agenda dunia pembangunan untuk kemaslahatan manusia dan planet bumi.

Baca: Akibat Rokok, Jumlah Kematian Diproyeksi Meningkat Jadi 8 Jutaan Orang per Tahun

Diskusi tentang rokok tersebut diadakan oleh Pimpinan Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah bekerja sama dengan Indonesia Institute for Social Development (IISD).* Ali Muhtadin

Rep: Admin Hidcom

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Update aplikasi Hidcom untuk Android Sekarang juga !

Sebarkan :

Baca Juga

Afrakids