frontpage hit counter
Hikmah

“Standar” Ulama Menurut Imam Al Haramain

“Standar” Ulama Menurut Imam Al Haramain

IMAM AL HARAMAIN AL JUWAINI adalah ulama madzhab Asy Syafi’i yang sampai pada derajat ijithad. Namun, hasil capaiannya dalam ilmu ditempuhnya dengan sungguh-sungguh, dimana guru Imam Al Ghazali ini suatu saat berkata,”Aku tidak pernah berbicara mengenai ilmu kalam sepatah kata pun, hingga aku hafal perkataan Qadhi Abu Bakr saja yang tertulis dalam 12 ribu lembar kertas.”

Imam Al Haramian pun memiliki standar hingga seorang bisa disebut telah mencapai derajat seorang faqih. Suatu saat Imam Al Haramain berkata kepada Imam Al Ghazali,”Wahai faqih…” Saat itu, wajah Imam Al Ghazali berubah seakan-akan ia merasa dirinya tidak pantas dipanggil dengan kata-kata itu.

Imam Al Haramian pun berkata,”Bukalah pintu rumah itu.” Maka Al Ghazali membuka rumah tersebut dan mendapati di ¬†dalamnya penuh dengan buku. Imam Al Haramain berkata,”Wahai faqih, sampai engkau mempelajari buku-buku itu semua.” Maksudnya, seseorang bisa dipanggil sebagai faqih setelah mempelajari buku-buku yang amat banyak tersebut. (lihat, Thabaqat Asy Syafi’iyyah Al Kubra, 5/186)

 

Rep: Sholah Salim

Editor: Thoriq

Update aplikasi Hidcom untuk Android Sekarang juga !

Sebarkan :

Baca Juga

Bank Muamalat

Gedung PPH