frontpage hit counter
Tazkiyatun Nafs

Menciptakan Kebiasaan Bermanfaat dalam Kehidupan Kita

Menciptakan Kebiasaan Bermanfaat dalam Kehidupan Kita
Menciptakan dan menjaga kebiasaan shalat malam.

DALAM kehidupan manusia, kebiasaan memiliki pengaruh yang besar. Tahukah Anda bahwa setiap orang dari kita selalu digerakkan oleh kebiasaan?

Jika Anda ragu dalam hal tersebut, ambillah satu contoh dalam kehidupan Anda yang Anda ketahui dengan baik. Biasanya ketika datang bulan Ramadhan, kehidupan seorang muslim mengalami perubahan, seperti kebiasaan makannya atau kebiasaan shalatnya di malam hari.

Puasa wajib di bulan Ramadhan yang datang sekali dalam setahun, dapat dijalani oleh setiap orang dari kita yang sebelumnya telah terbiasa dengan rutinitas keseharian dalam hidupnya, seperti berkaitan dengan makan, minum, tidur, maupun shalat. Akan tetapi dengan adanya bulan Ramadhan kebiasaan-kebiasaan tersebut diubah dan diganti dengan kebiasaan-kebiasaan baru.

Melakukan kebiasaan-kebiasaan baru merupakan suatu yang sulit dan membutuhkan kesabaran, maka tidaklah heran jika hari-hari pertama dari bulan tersebut dianggap paling sulit dan berat oleh mayoritas orang yang berpuasa

Setelah berlalunya hari-hari pertama, kita mulai terbiasa melakukan shalat malam. Rutinitas keseharian kita pun berubah. Kita dapat merasakan kemudahan dan tidak lagi merasa berat melakukan rutinitas di bulan Ramadhan.

Ketika datang akhir bulan Ramadhan pun, salah seorang di antara kita mungkin telah terbiasa untuk menjalani kehidupan yang berbeda dengan kehidupan sebelumnya. Dia tidak lagi merasa berat menjalani puasa dan memperpanjang shalat malamnya, bahkan mungkin dirinya telah siap untuk terus menjalani kehidupannya dengan cara samacam itu.

Mengapa hal itu dapat terjadi? Itu karena dia telah terbiasa melakukannya dan dia telah mengubah kebiasaan-kebiasaan lamanya dengan kebiasaan-kebiasaan yang baru.

Apa yang kita perolah di bulan Ramadhan merupakan pelajaran penting dari Allah yang mengajarkan kepada kita bahwa mengubah kebiasaan sebenarnya adalah sesuatu yang mudah dan dapat dilakukan oleh setiap orang, baik lelaki maupun perempuan, bahkan oleh anak kecil sekalipun. Oleh karena itu, puasa pun diwajibkan kepada setiap orang dewasa, dengan syarat tidak membahayakan keselamatannya

Dapat disimpulkan bahwa sebenarnya kehidupan kita ini diatur oleh berbagai macam kebiasaan. Di antara kebiasaan-kebiasaan itu ada yang bermanfaat dan ada pula yang tidak bermanfaat. Dalam hal ini, kita dapat melestarikan kebiasaan-kebiasaan bermanfaat, sebagaimana kita juga dapat menjauhkan diri dari kebiasaan-kebiasaan yang membahayakan.*/Sudirman STAIL

Sumber buku: 10 Kebiasaan Manusia Sukses Tanpa Batas. Penulis buku: Dr. Ibrahim Hamd Al-Qu’ayyid.

Rep: Admin Hidcom

Editor: Syaiful Irwan

Update aplikasi Hidcom untuk Android Sekarang juga !

Sebarkan :

Baca Juga

Umroh Akbar Arifin Ilham

Gedung PPH