frontpage hit counter
None

Puluhan Ribu Pengunjuk Rasa Menentang Benyamin Netanyahu terkait Korupsi

Puluhan Ribu Pengunjuk Rasa Menentang Benyamin Netanyahu terkait Korupsi
DS

Hidayatullah.com—Diperkirakan lebih 20.000 orang warga Israel melakukan aksi demonstrasi menentang Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan pemerintahannya di Tel Aviv terkait tuduhan korupsi.

PM Netanyahu sedang dalam penyelidikan kriminal atas tuduhan penyalahgunaan kekuasaan.

Aksi turun jalan yang berlangsung hari Sabtu, 2 Desember 2017 merupakan aksi tuntutan pemberantasan korupsi terbesar minggu ini. Hal itu dipicu oleh tuduhan korupsi terhadap Benyamin Netanyahu yang menolak melakukan kesalahan.

Baca: PM Israel Diinterogasi Kelima Kali dalam Penyelidikan Kasus Korupsi

Empat pemimpin diduga terlibat dalam dua kasus. Pertama menerima hadiah dari pengusaha kaya dan kedua melibatkan negosiasi kesepakatan dengan pemilik surat kabar untuk cakupan yang lebih baik dengan imbalan pembatasan pada pesaing setiap hari.

Protes hari Sabtu itu didorong oleh sebuah rancangan undang-undang yang diperkirakan akan diratifikasi oleh parlemen minggu depan, yang akan melarang polisi mempublikasikan temuannya dalam dua penyelidikan Netanyahu, tulis Reuters.

Media memprediksi jumlah demonstran sekitar 20.000 orang. Polisi tidak akan memberikan perkiraan resmi.

Baca: PM Israel Benjamin Netanyahu Tersandung Kasus Korupsi

Para kritikus mengatakan rancangan undang-undang tersebut adalah upaya terang-terangan untuk melindungi Netanyahu dan membuat publik dalam kegelapan terkait penyelidikannya. Pendukung undang-undang tersebut mengatakan hal itu dimaksudkan untuk melindungi hak-hak para tersangka.

Netanyahu mengatakan dia tidak tertarik untuk mempromosikan undang-undang pribadi, tetapi dia belum memerintahkan kedua sponsornya, orang-orang yang dekat di partai Likud, untuk menarik tagihannya.

Netanyahu telah menggambarkan dirinya sebagai korban perburuan penyihir politik dan menuduhkan kasus-kasus tersebut terhadapnya: “Tidak akan ada apa-apa karena tidak ada apa-apa.”

Jika dituntut, dia akan mendapat tekanan berat untuk mengundurkan diri atau bisa memanggil seorang pemerolehan untuk menguji apakah dia masih memiliki mandat.*

Rep: Panji Islam

Editor: Cholis Akbar

Update aplikasi Hidcom untuk Android Sekarang juga !

Sebarkan :

Baca Juga