frontpage hit counter
Ragam

Pengakuan Buzzer Ahok kepada Media Inggris: Tim Buzzer Ahok Sekarang Bangun Citra Jokowi ” [3]

Pengakuan Buzzer  Ahok kepada Media Inggris: Tim Buzzer  Ahok Sekarang Bangun Citra Jokowi ” [3]
ilustrasi

Sambungan artikel KEDUA

 

Hidayatullah.com–Pihak berwenang telah membuat gerakan untuk menindak berita palsu dan penyebaran pidato kebencian secara online tetapi buzzer, yang beroperasi di daerah abu-abu sebagian besar telah lolos dari celah-celah.

Bahkan pemerintah pusat tampaknya juga menggunakan taktik serupa. Akun Twitter @IasMardiyah, misalnya, yang dikatakan Alex dimanfaatkan oleh tim buzzer  pro-Ahok-nya, sekarang mengeposkan pesan-pesan dan propaganda pemerintah yang terus-menerus untuk Presiden Joko Widodo – kebanyakan me-retweet tentang infrastruktur dan keberhasilan diplomatik Indonesia, atau kebutuhan untuk melindungi Persatuan Nasional.

Menampilkan avatar seorang wanita muda mengenakan jilbab dan kacamata hitam, akun tweets hampir secara eksklusif konten pro-pemerintah dengan disertai hashtag.

Baru-baru ini akun tersebut telah memposting tentang pemilihan Indonesia dalam keanggotan Dewan Keamanan PBB, perang terhadap terorisme, peningkatan ekspor pertanian, bandara baru di Jawa Barat, Asian Games bulan depan, tetapi juga pada isu-isu sensitif seperti Papua Barat.

Baca:  ‘MCA Asli Membela Islam tanpa Ujaran Kebencian’ 

Seorang juru bicara kepresidenan diminta untuk berkomentar oleh The Guardian, tetapi tidak mau menanggapi.

Seorang juru bicara dari Twitter menolak untuk menentukan berapa banyak akun palsu Indonesia yang telah diidentifikasi atau dihapus dari platformnya pada tahun lalu. Perusahaan itu mengatakan telah “mengembangkan teknik baru dan pembelajaran mesin eksklusif untuk mengidentifikasi otomatisasi berbahaya”.

Presiden Joko Widodo menerima Ulil Yusron dan kawan-kawan (detik.com)

Mengingat bahwa Ahok kalah dalam pemilihan, dan berakhir di penjara, Alex mengatakan dia tidak yakin seberapa efektif timnya.

Baca: Aktivis: Jika Ada Kelompok Ngaku Pimpinan MCA Pasti Itu Palsu 

Ulin Yusron, juru bicara tim kampanye Ahok menolak mengomentari tuduhan tertentu tetapi mengatakan kampanye itu “sangat sulit”.

“Penggunaan fitnah, kebencian dan tipuan [berita palsu] sangat besar,” katanya kepada TheGuardian. “Secara alami, tim membentengi diri dengan pasukan pendukung, termasuk di media sosial. Itu bukan sesuatu yang baru dalam politik. ”

Peneliti Rasidi mengatakan tim buzzer  beroperasi dengan cara yang sama seperti gosip.

“Ketika semua orang berbicara tentang hal yang sama Anda mungkin berpikir bahwa mungkin itu benar, mungkin ada beberapa manfaatnya. Di situlah letak dampaknya.”*/Sirajuddin Muslim

Rep: Admin Hidcom

Editor: Cholis Akbar

Update aplikasi Hidcom untuk Android Sekarang juga !

Sebarkan :

Baca Juga

Umroh Akbar Arifin Ilham

Gedung PPH