Berita dari Anda

Khitanan Suku Togutil, Dinkes harap Aksi IMS Meluas di Halmahera Timur

Khitanan Suku Togutil, Dinkes harap Aksi IMS Meluas di Halmahera Timur
ims
Tim IMS melakukan khitanan massal dan pengobatan gratis bagi warga Suku Togutil di pedalaman Halmahera Timur, pada 15-20 Maret 2019.

Hidayatullah.com– Sehari sebelum kegiatan khitan massal Suku Togutil berlangsung, IMS didampingi oleh dai yang biasa berdakwah di wilayah Suku Togutil, Nurhadi, bersilaturahim ke Kadinkes Halmahera Timur dr Vita Sangaji di Kecamatan Maba Utara, Kabupaten Halmahera Timur (Haltim), Maluku Utara.

Kadinkes Halmahera Timur menyambut baik niat IMS untuk berkeliling memberikan layanan kesehatan di daerah-daerah pelosok di wilayah Haltim. Bahkan dr Vita siap membantu terkait apa-apa saja yang kurang dan sekiranya bisa dipenuhi. Tambahan tenaga medis dan obat-obatan yang berupa cairan diberikan oleh dinkes untuk bisa turut mensukseskan acara.

“Sekarang kan tahun politik, jika kegiatan ini tidak ada hubungannya dengan partai tertentu, calon tertentu maupun hal-hal lain yang berbau politik, maka saya sangat mendukung,” dr Vita menjelaskan.

Dr Vita sangat berterima kasih dan mengapreasi kegiatan yang dilakukan oleh IMS. Ia juga turut hadir untuk mendampingi timnya dan sekaligus menyapa para warga yang tinggal di pedalaman.

Baca: IMS Khitan 120 Mualaf-Dhuafa Togutil di Halmahera

IMS memang merupakan lembaga sosial kemanusiaan yang bergerak di bidang kesehatan, sehingga seluruh kegiatan yang atas nama IMS tidak ada sangkut pautnya dengan kepentingan politik.

Begitu juga dengan kegiatan IMS di Halmahera Timur, layanan kesehatan berupa khitanan dan pengobatan semata-mata hanya untuk kepentingan kemanusiaan.

IMS ingin memberikan pelayanan terbaik untuk para saudara dan warga masyarakat yang berada di pedalaman Halmahera Timur. Karena berdasarkan info yang didapat bahwa masyarakat di sana sangat berharap dengan layanan atau bantuan program kesehatan.

“Kepada IMS kami ucapkan terima kasih banyak atas perhatian dan layanan yang telah diberikan, semoga kegiatan ini juga turut dirasakan oleh warga masyarakat Halmahera Timur yang lainnya. Semoga kegiatan IMS di sini bisa terus dilakukan lagi,” dr Vita menambahkan.

Dr Vita hanya bisa mendampingi pada satu hari kegiatan saja yaitu di desa Wasileo, ia tak bisa turut serta ke desa Patlean. Hal ini dikarenakan pada keesokan harinya ada pekerjaan lain yang tidak bisa diwakilkan. Akan tetapi tim medis di bawah koordinasi dinkes Halmahera Timur turut membantu dan menemani IMS sampai di desa selanjutnya.

Baca: 3 Wanita Suku Togutil Pedalaman Halmahera Bersyahadat

Tidak hanya dengan kepala dinas kesehatan saja IMS melakukan koordinasi, namun dengan pemerintah atau pejabat desa terkait.

Selain itu, koordinasi juga dilakukan dengan pihak kepolisian dan TNI. “Alhamdulillah semua pihak sangat mendukung program yang dilakukan oleh IMS.”

Khitanan massal dan pengobatan gratis digelar IMS dengan dukungan Majelis Ta’lim Telkomsel (MTT) di pedalaman Halmahera Timur, pada 15-20 Maret 2019.* Kiriman Imron Faizin, Direktur IMS

Rep: Admin Hidcom

Editor:

Update aplikasi Hidcom untuk Android Sekarang juga !

Sebarkan :

Baca Juga

Umroh Akbar Arifin Ilham

Iklan Bazar