Berita dari Anda
Dompet Dakwah Media

Sekularisme Mendominasi Wajah Peradaban Barat Kini

Sekularisme Mendominasi Wajah Peradaban Barat Kini
Istimewa
Sekolah Pemikiran Islam (SPI) Bandung angkatan ke-5, Kamis (19/09/2019).

Hidayatullah.com– Menempati Ruang GSS E di Masjid Salman ITB, Sekolah Pemikiran Islam (SPI) Bandung mengadakan kelas perdananya di Semester 2 pada Kamis (19/09/2019) malam. Pertemuan tersebut mengangkat tema sekularisme yang ternyata merupakan akar wajah Barat sejak era renaisans.

“Kalau kita melihat wajah Barat sekarang, maka kita tidak melihat wajah Kristen,” ungkap Akmal Sjafril, pendiri SPI yang menjadi pemateri pada pertemuan tersebut. “Karena sesungguhnya Kristen-lah yang telah ter-Barat-kan,” sambungnya.

Baca: Tabiat Sekuler Sudah Menjangkiti Indonesia

Dalam pemaparannya, Akmal menjelaskan mengenai sejarah tentang Kristen di Barat pada abad pertengahan. Kristen telah terwarnai sekularisme karena pada abad pertengahan terdapat banyak penyimpangan dari agama Kristen yang membuat peradaban Barat menemui masa tergelapnya.

“Paham sekularisme yang mengusung dikotomi antara agama dan kehidupan duniawi dianggap sebagai solusi yang kemudian mengangkat kembali peradaban Barat hingga menjadi maju seperti saat ini,” ujar Akmal.

Baca: Islam, Seksualitas dan Liberalisme

Diva Oktiani, salah seorang peserta kuliah tersebut, menganggap bahwa sebenarnya topik pada malam itu dirasanya cukup berat, karena membahas tentang sejarah dan hegemoni Kristen. “Tapi karena dibahas juga sejarah tentang paham sekularisme, jadi di akhir perkuliahan itu aku paham kenapa sekularisme mengincar Islam,” katanya.

Setelah mengetahui sejarah dan karakteristik dari paham sekularisme, peserta SPI diharapkan untuk lebih peka terhadap penyimpangan bernama sekularisme dan memahami bahwa Islam akan selamanya bertentangan dengan paham tersebut.* Iffa Risfiyanti

Rep: Admin Hidcom

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Dukung Kami, Agar kami dapat terus mengabarkan kebaikan Lebih lanjut, Klik Dompet Dakwah Media Sekarang!

Update aplikasi Hidcom untuk Android Sekarang juga !

Sebarkan :

Baca Juga

Rumah Wakaf