Info Haji & Umrah

Kloter 1 Dilepas Jumat ini, Jamaah Haji Diingatkan Jaga Kesehatan

Kloter 1 Dilepas Jumat ini, Jamaah Haji Diingatkan Jaga Kesehatan
kemenag
Menag Lukman Hakim Saifuddin melepas jamaah haji Indonesia kloter 1 di Embarkasi Jakarta Pondok Gede, Jumat (28/07/2017) pagi.

Hidayatullah.com– Kloter pertama jamaah haji Indonesia dari embarkasi Jakarta Pondok Gede, hari ini, Jumat (28/07/2017), resmi dilepas oleh Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin.

Pada hari yang sama dijadwalkan keberangkatan jamaah haji dari 7 embarkasi lainnya, yaitu; Embarkasi Bekasi (JKS), Surabaya (SUB), Solo (SOC), Medan (MES), Padang (PDG), dan Makssar (UPG) dengan jumlah jamaah sebanyak 5.324 orang atau 13 kloter.

Untuk Kloter I sesuai jadwal diberangkatkan dari Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta dan akan mendarat di Bandara Amir Muhammad Bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah, Arab Saudi, menggunakan pesawat Garuda Indonesia dengan Nomor Flight GIA 7261.

Kepada para jamaah, Menag berpesan agar menjaga kesehatannya. Jamaah haji harus sadar, kata Menag, bahwa perjalanannya ke tanah suci bukan perjalanan biasa.

“Kita harus ingat bahwa puncak ibadah haji adalah wukuf di Arafah. Karena bapak/ibu sekalian adalah kloter awal yang akan tiba lebih dahulu di Madinah dan beberapa Minggu tinggal di Mekkah sebelum wukuf, maka mohon dijaga betul kesehatannya, jangan terlau diforsir untuk beribadah, mohon diimbangi dengan kondisi kesehatan kita,” pesan Menag dalam rilis yang diterima hidayatullah.com.

Baca: Jamaah Haji Mulai Tiba di Arab Saudi

Hal lain yang tidak kalah pentingnya, ujar Menag kepada mereka, untuk selalu berombongan ketika akan berpergian. “Jangan pernah pergi seorang diri untuk keselamatan bersama.”

“Usahakan mengajak teman satu regu, satu rombongan, dan selalu lapor kepada ketua regu dan rombongan ketika ingin ke Masjidil Haram sendiri atau tidak bersama-sama rombongan, namun diupayakan untuk bersama-sama agar tidak terjadi hal yang tidak dikehendaki,” kata Menag mengarahkan.

Sementara, Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F Moeloek, yang turut hadir dalam pelepasan jamaah haji, mengatakan, rata-rata jamaah haji musim 1438 H/2017 ini berusia lanjut dan berkategori resiko tinggi.

Ia juga meminta agar jamaah haji senantiasa membiasakan pola hidup sehat dengan istirahat dan mengkonsumsi makanan yang cukup, serta meminum air yang banyak.

Baca: Kemenkes Siapkan 1.963 Tenaga Penyelenggara Kesehatan Haji 2017

Agar katanya terhindar dari dampak cuaca panas yang musim ini menyentuh hampir 48 derajat. “Hindari berswafoto (selfie) dengan unta, fokus saja pada ibadah,” pesan Menkes.

Kloter pertama yang dilepas Menag dari Pondok Gede adalah jamaah haji asal Provinsi DKI Jakarta yang berjumlah 393 jamaah. Terdiri dari 388 jamaah haji, 1 orang Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI), 1 orang Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI), serta 3 orang Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI).* Andi

Rep: Admin Hidcom

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Update aplikasi Hidcom untuk Android Sekarang juga !

Sebarkan :

Baca Juga

Umroh Keluarga

Iklan Bazar