Info Haji & Umrah

Aa Gym: Banjir Besar di Mina Hoax

Aa Gym: Banjir Besar di Mina Hoax
@aagym
KH Abdullah Gymnastiar di Tanah Suci saat digenangi air setelah hujan, Senin (12/08/2019).

Hidayatullah.com– Pimpinan Pondok Pesantren Daarut Tauhiid KH Abdullah Gymnastiar memastikan bahwa kabar yang menyebut telah terjadi banjir besar di Mina, Arab Saudi, adalah berita bohong alias hoax.

“Berita banjir besar HOAX,” jelas Aa Gym, sapaan akrabnya, melalui akun Instagram terverifikasinya di Arab Saudi, Selasa (13/08/2019) waktu Arab Saudi pantauan hidayatullah.com pada Rabu (14/08/2019) pagi.

Aa Gym menyampaikan bahwa pada Selasa kemarin waktu Arab Saudi, sebagian jamaah haji sudah kembali ke Makkah.

“Suasana nafar awal, hari ini sebagian sudah kembali ke Makkah dan juga ada yang kembali hari esok nafar tsani,” ujarnya lantas kembali menegaskan perihal hoax tersebut.

“Semuanya Insya Allah baik. Berita banjir besar di Mina itu hoax,” tegasnya.

Salah satu warganet mengaku juga berada di Tanah Suci membenarkan informasi dari Aa Gym tersebut.

“Banjir, tapi biasa aja. Cepet surut. Alhmdulillah. Kami di sana,” tulis @ummu_126 mengomentari unggahan Aa Gym itu.

“Alhamdulillah ternyata hoax, berita banjir besar teh, Ya Allah lindungi semua para jamaah haji sampai bisa kembali ke tanah airnya masing-masing. Aamiin,” akun @mutiarakng turut menanggapi Aa Gym.

Baca: Menag: Kondisi Mina Saat ini Kondusif

Tapi ada juga akun yang mempertanyakan. “Koq hoax kan ada vidio nya di trowongan mina .di tenda tenda mungkin tempat yy rendah yy banjir kali,” tulis @szalna di kolom komentar unggahan Aa Gym tersebut. Pertanyaan @szalna ini ditanggapi oleh banyak akun lainnya. Misalnya @gamis_nusyura, berkomentar, “@szalna iya kok hoax ? Kenyataan kok .. berita ny dr jamaah yg lg di mina.” Sementara warganet dengan akun @zema_nizar menjelaskan, “@gamis_nusyura di sana kalau hujan emang seperti itu tapi kalau hujannya selesai airnya juga surut dan hilang.”

“@szalna mungkin maksud beliau banjir iya tapi ga besar, yang hoax berita ada banjir yang besar,” tulis @raynaayusunarya menambahkan.

Sebelumnya, melalui akun @aagym itu, Aa Gym yang tahun ini pergi berhaji, menginformasikan bahwa memang telah terjadi banjir tapi bukan banjir besar.

“Inilah banjir karena hujan sebentar saja. Alhamdulillah hanya sebentar kalau lama mungkin akan lebih berat. Allah Maha Adil dan Maha Bijaksana,” tulisnya, tertanggal 12 Agustus 2019 menurut keterangan IG. Video tersebut tampaknya direkam dari sebuah gedung bertingkat di Tanah Suci.

Baca: Hujan Deras Guyur Mina, Lempar Jumrah Tetap Berjalan

Pada tanggal yang sama, Aa Gym sebelumnya juga menggunggah video hujan yang terlihat deras sedang mengguyur Kota Makkah.

“Hujan es di Makkah Mina masyaaAlloh…. Semua tetesan hujan dan es bertasbih kepada Allah,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Urusan Haji Indonesia Daerah Kerja Makkah Subhan Cholid, menjelaskan, bahwa pada Senin (12/08/2019) memang terjadi hujan di Tanah Suci, tapi menurutnya itu hujan seperti biasa. Hujan itu menjadi “tidak biasa” karena terjadi di Tanah Suci, dimana di wilayah ini memang jarang terjadi hujan cukup deras.

“Yang kami rasakan di Mina di tenda-tenda kami, itu hujan seperti biasa saja yang kami rasakan, hujan air. Apakah itu es atau tidak tapi kami merasakan bahwa itu hujan, hujan air seperti biasa di tanah air. Cuma karena kejadiannya di Tanah Suci yang memang negara sangat jarang sekali terjadi hujan yang cukup deras sehingga itu kita bisa merasakan bedanya gitu,” kata Subhan, Selasa (13/08/2019) dalam keterangannya lewat video yang diterima hidayatullah.com dari pihak Kementerian Agama semalam.*

Rep: SKR

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Update aplikasi Hidcom untuk Android Sekarang juga !

Sebarkan :

Baca Juga

Hidayatullah Depok

Iklan Bazar