Internasional

Hadapi Pemilu Obama Ganti Pejabat Keamanan

Hadapi Pemilu Obama Ganti Pejabat Keamanan

Hidayatullah.com–Presiden Amerika serikat Barack Obama akan menominasikan Direktur CIA Leon Panetta sebagai menteri pertahanan, dalam rangka menata ulang tim keamanannya menghadapi kampanye pemilu 2012 dan memenangi perdebatan anggaran Pentagon.

Obama juga akan menominasikan Jenderal AD David Patraeus, pemimpin pasukan gabungan AS dan NATO di Afghanistan sebagai direktur CIA, dan diplomat Ryan Crocker sebagai duta besar AS di Afghanistan. Demikian penjelasan dari pejabat pemerintah AS sebagaimana dilansir Reuters (27/4).

Pergantian itu masih harus menunggu persetujuan Senat.

Obama perlu mengganti pejabat keamanannya dengan orang-orang pro-Demokrat, karena harus melakukan pendekatan hati-hati dalam masalah Afghanistan dan Libya. Obama juga harus menghadapi pembengkakan anggaran pertahanan AS, sementara anggaran negara mengalami defisit US$1,4 trilyun tahun ini.

Menteri pertahanan saat ini Robert Gates berasal dari Partai Republik dan warisan dari George W. Bush. Gates yang pernah menjabat direktur CIA itu juga telah mengisyarakat akan mengundurkan diri tahun ini.

Panetta yang akan berusia 73 tahun Juni ini adalah mantan wakil rakyat asal California yang menduduki jabatan ketua Komite Anggaran DPR. Ia dulu menjadi direktur anggaran di zaman Bill Clinton dan kemudian menjadi kepala staf.

Pejabat pemerintah AS mengatakan, Obama akan menominasikan Panetta akhir pekan ini.

Sebelum rencana pergantian pejabat tersebut diumumkan, orang-orang di sekitar Gedung Putih sudah membicarakan tentang jabatan tinggi bagi Patraeus, guna memastikan bahwa ia tidak akan dibajak Partai Republik untuk menghadapi Obama tahun depan.

Sementara Ryan Crocker pernah menjadi duta besar Amerika Serikat di Iraq, Pakistan, Suriah, Kuwait dan Libanon.*

Rep: Dija

Editor: Dija

Update aplikasi Hidcom untuk Android Sekarang juga !

Sebarkan :

Baca Juga

Hidayatullah Depok

Iklan Bazar