Internasional

Paus Benediktus XVI Berdoa dalam Bahasa Arab

Paus Benediktus XVI Berdoa dalam Bahasa Arab

Hidayatullah.com—Untuk pertama kalinya Paus Benediktus XVI hari Rabu (10/10/2012) mengucapkan doa dalam bahasa Arab, dalam acara mingguannya yang dihadiri sekitar 20.000 jemaat di Lapangan St Peter.

“Paus berdoa untuk seluruh petutur bahasa Arab. Semoga Tuhan memberkati kalian semua,” kata Paus dalam bahasa Arab kepada jemaatnya, setelah seorang uskup membacakan terjemahan bahasa Arab dari doa yang diucapkan Paus yang memuji hasil pertemuan Dewan Vatikan Kedua.

Dewan bersejarah itu, yang pekan ini berusia 50 tahun, merupakan “kompas” bagi Gereja Katolik “di tengah terpaan badai,” kata Paus, dikutip Hurriyet Daily News.

Sebagai seorang reformis muda, ketika itu Joseph Ratzinger ikut ambil bagian dalam Dewan tersebut (lebih dikenal dengan sebutan Vatikan II), yang melakukan revisi terhadap ritual-ritual keagamaan di Gereja Katolik.

Dewan itu mengumpulkan 2.250 uskup dan melakukan pembahasan sejak 1962 sampai 1965.

Paus Benediktus XVI, yang ketika itu masih dikenal dengan nama aslinya Ratzinger, selalu membela “konstitusi 15” yang dirilis oleh Dewan, meskipun kebijakan itu banyak dikecam oleh kelompok tradisionalis karena melakukan sejumlah perubahan ritual.dalam Gereja Katolik.

Paus Benediktus XVI hari Kamis besok akan memimpin misa di Lapangan St Peter guna meluncurkan “Tahun Keimanan” tepat pada ulang tahun Vatikan II.*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Update aplikasi Hidcom untuk Android Sekarang juga !

Sebarkan :

Baca Juga

Umroh Akbar Arifin Ilham

Gedung PPH