Internasional

Rusia Rilis Daftar Pejabat Eropa yang Dilarang Masuk Negaranya

Rusia Rilis Daftar Pejabat Eropa yang Dilarang Masuk Negaranya

Hidayatullah.com—Pemerintah Moskow merilis sebuah daftar berisi nama-nama pejabat dan petinggi militer negara anggota Uni Eropa yang dilarang masuk wilayah Rusia.

Meskipun belum dikonfirmasi, para pejabat Eropa dengan cepat mengedarkan nama-nama tersebut di media sosial, yang di antaranya adalah mantan pemimpin Belgia dan anggota parlemen eropa Guy Verhofstadt, serta mantan wakil perdana menteri Inggris Nick Clegg.

Seorang pejabat Kementerian Luar Negeri Rusia mengkonfirmasi bahwa daftar itu telah dikirimkan ke negara-negara Uni Eropa. Tetapi dia menolak untuk menyebutkan nama-nama individu yang tertera di dalamnya lapor Euronews Sabtu (30/5/2015).

Menteri Luar Negeri Jerman Walter Steinmeier segera melayangkan kecamannya dengan mengatakan, “Saya tidak melihat dimasukannya nama-nama itu sebagai tindakan yang bijaksana. Dan daftar itu seharusnya paling tidak diumumkan sehingga mereka yang terkena sudah diberitahu… Pada saat kita sedang berusaha meredam konflik yang rumit dan berbahaya di bagian tengah Eropa, hal ini sama sekali tidak membantu.”

Larangan mauk pada pejabat Uni Eropa itu muncul di tengah ketegangan antara Eropa dan Rusia mengenai peran Moskow di Ukraina, dan seperti sebagai aksi balasan atas sanksi yang diberlakukan Uni Eropa atas Moskow.*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Update aplikasi Hidcom untuk Android Sekarang juga !

Sebarkan :

Baca Juga

Umroh Akbar Arifin Ilham

Gedung PPH