Internasional

Muslim Jerman Sambut Para Pengungsi Suriah

Muslim Jerman Sambut Para Pengungsi Suriah
onislam
Populasi Muslim Jerman antara 3,8 hingga 4,3 juta orang, mencapai angka 5% dari total populasi sekitar 82 juta orang

Hidayatullah.com–Paus Fransiskus bukan satu-satunya orang yang berseru pada Eropa untuk membuka pintu rumah mereka pada pengungsi yang datang membanjiri Eropa.

Sebuah organisasi Turki yang beroperasi di Jerman juga menggerakkan diri mereka untuk menolong para imigran. Mereka berusaha untuk menolong para imigran dan memberikan segala yang mereka butuhkan.

“Sayangnya, kebanyakan informasi yang kami punya berasal dari media,” ujar Kemal Ergun, Ketua Islamic Community of Mili Gorus (ICMG) seperti dikutip onislam.com.

“Padahal apa yang tidak dilaporkan oleh media adalah yang paling penting. Setiap hari kami mendengar berita tentang para pengungsi.”

Menurut International Organization for Migration (IOM), sekitar 350.000 orang migran telah menempuh perjalanan beresiko tinggi menuju Eropa sejak Januari tahun ini. Mereka mengatakan bahwa lebih dari 2600 imigran tenggelam di Laut Mediterania saat berusaha melintasinya. Salah satunya Alan Kurdi, bocah 3 tahun yang terpotret berbaring tak bernyawa di pantai Turki. [Baca: Kisah Abdullah Kurdi Asal Suriah yang Putranya Ditemukan di Pantai Turki]

Jerman sendiri telah mengumumkan bahwa mereka mengizinkan warga Suriah untuk mencari suaka terlepas negara manakah tempat mereka mendarat di Eropa. Bulan lalu,lebih dari 100.000 orang pencari suaka mencapai Jerman, dan negara itu bersiap menerima 800.000 orang lagi tahun ini.
Bagi para Muslim Jerman, menyambut para pengungsi adalah pengamalan ajaran agama untuk menampung mereka yang membutuhkan bantuan.

“Para pengungsi adalah tamu kami sampai mereka dapat berdiri sendiri. Mereka adalah tamu di hati kami, dan tamu di rumah kami. Kami akan membantu mereka sebisa mungkin,” ujar Ergun lagi.

Ergun menambahkan bahwa organisasinya siap mengerahkan segala sumber daya untuk memenuhi apapun yang para pengungsi butuhkan, tanpa memperdulikan etnisitas dan agama para pengungsi.

“Kami akan melakukan apapun untuk saudara-saudari kami itu. Kami memandang ini sebagai sebuah kehormatan, serta pengamalan ajaran agama kami untuk menolong mereka,” imbuhnya.

Jerman memiliki populasi Muslim terbesar kedua di Eropa setelah Perancis, dan di Jerman, agama Islam paling banyak dianut ketiga setelah Protestan dan Katolik. Populasi Muslim Jerman antara 3,8 hingga 4,3 juta orang, mencapai angka 5% dari total populasi sekitar 82 juta orang.*/Tika Af’idah

 

Rep: Admin Hidcom

Editor: Admin Hidcom

Update aplikasi Hidcom untuk Android Sekarang juga !

Sebarkan :

Baca Juga

Umroh Akbar Arifin Ilham

Gedung PPH