Internasional

60 Tahun Berkuasa di Malaysia Barisan Nasional Kalah Pemilu

60 Tahun Berkuasa di Malaysia Barisan Nasional Kalah Pemilu

Hidayatullah.com—Sebuah aliansi oposisi berhasil memenangkan pemilu legislatif tingkat nasional untuk pertama kalinya sejak Malaysia merdeka.

Barisan Nasional, yang sudah memerintah di negara itu selama 60 tahun, kalah dalam pemilu untuk pertama kalinya. Uniknya, oposisi yang memenangkan pemilu itu dipimpin oleh Mahathir Mohamad yang kini berusia 92 tahun, bekas perdana menteri Malaysia yang juga mentor dari petahana Najib Razak.

Associated Press melaporkan, menurut Komisi Pemilu Malaysia hari Rabu (9/5/2018) malam, sampai berita ini diturunkan oposisi memenangkan 112 kursi di parlemen nasional, sedangkan Barisan Nasional 76 kursi.

Kantor berita resmi Malaysia Bernama melaporkan bahwa oposisi sudah mengamankan 112 kursi parlemen yang diperlukan untuk membentuk pemerintahan baru.

Menyambut kabar tersebut dalam sebuah konferensi pers semalam, Mahathir Mohamad mengatakan dia berharap perdana menteri Malaysia yang baru “bisa dilantik besok (Kamis),” seraya diikuti sorakan para pendukungnya.

Mahathir Mohammad, yang pernah menjabat perdana menteri selama 22 tahun, sengaja maju mengikuti pemilu kali ini meskipun usianya sudah sangat senja demi menjegal Najib Razak anak didik politiknya yang tercemar banyak kasus korupsi.*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Update aplikasi Hidcom untuk Android Sekarang juga !

Sebarkan :

Baca Juga

Umroh Keluarga

Iklan Bazar