Internasional

Gedung Putih: Milisi Syiah Houthi Luncurkan Rudal ke Arah Kapal Kargo Turki

Gedung Putih: Milisi Syiah Houthi Luncurkan Rudal ke Arah Kapal Kargo Turki
DS

Hidayatullah.com–Pemberontak Syiah Houthi melancarkan serangan rudal pada kapal kargo Turki yang sedang dalam perjalanan mengirim gandum ke Pelabuhan Saleef di Yaman pada bulan ini, Gedung Putih mengatakan pada Jumat.

“Amerika Serikat khawatir dengan serangan rudal Houthi terhadap sebuah kapal kargo Turki 70 mil di lepas pantai Yaman yang sedang dalam perjalanan mengirim 50.000 metrik ton gandum ke pelabuhan Saleef, Yaman dekat Hudaydah,” Gedung Putih mengatakan dalam pernyataannya.

“Ini sekali lagi membuktikan bahwa perkembangan rudal di Yaman merupakan sebuah ancaman nyata pada semua negara dan menekankan perlunya penegakkan penuh Resolusi 2216 Dewan Keamanan PBB,” dikutip Daily Sabah.

Baca: Saudi Tunjukkan Bukti Rudal Balistik Pemberontak Syiah Houthi Berasal dari Iran

Pemerintah Turki dan lembaga bantuan telah mengirim makanan, medis dan berbagai bentuk bantuan kemanusiaan lain ke negara yang sedang dilanda perang sipil itu sejak awal konflik terjadi.

Yaman, negara miskin yang terus berada dalam kekacauan sejak 2014, ketika pemberontak Syiah Houthi mengambil alih kendali hampir semua bagian negara itu, termasuk Ibu Kota Sana’a.

Baca: Pasukan Khusus AS ‘Bantu’ Saudi Perangi Pemberontak Syiah al Houthi

Konflik semakin mencapai puncaknya setahun kemudian ketika koalisi Arab pimpinan Saudi melancarkan operasi militer udara yang bertujuan mengambil kembali wilayah yang diduduki Houthi.

Sejak itu, negara tersebut telah dihadapkan pada sejumlah tantangan kesehatan masyarakat, termasuk epidemi besar kolera yang para ahli sebut karena kurangnya infrastruktus medis dan akses pada air bersih.*/Nashirul Haq AR

Rep: Admin Hidcom

Editor: Cholis Akbar

Update aplikasi Hidcom untuk Android Sekarang juga !

Sebarkan :

Baca Juga

Umroh Akbar Arifin Ilham

Gedung PPH