Internasional

Nama ‘Istanbul’ Makin Populer untuk Anak-anak Perempuan Somalia

Nama ‘Istanbul’ Makin Populer untuk Anak-anak Perempuan Somalia

Hidayatullah.com–Semakin banyak orang di Somalia memberi nama anak perempuan mereka Istanbul, diinspirasi oleh kota paling padat Turki, ketika Turki terus menjalin hubungan kuat dan mengirim bantuan ke Somalia.

Muhtar Mohammed, seorang seniman di negara Tanduk Afrika itu, merupakan salah satu dari mereka yang menamakan anak perempuan mereka Istanbul,  yang dipuji oleh banyak orang dengan sebutan “ratu dari kota-kota.”

Mohammed mengatakan pada Anadolu Agency bahwa anak perempuannya yang berumur 7 tahun ia namakan Istanbul untuk menghormati bantuan Turki pada Somalia di berbagai bidang.

Dia menamakannya Istanbul untuk mengingatkan keluarganya dan orang Somalia lainnya akan dukungan baik rakyat Turki, dia menjelaskan, menyebut hal itu sebuah “langkah baik.”

Baca: Istanbul: Di Mana Semuanya Pertama Kali Dimulai 

Kunjungan Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan ke Somalia pada 2011 – dan 2016 – merupakan momen yang sangat penting bagi Somalia dan sebuah “pesan bersejarah” pada rakyatnya dan dunia, kata Menteri Luar Negeri Mevlut Cavusoglu tahun lalu.

Turki mengirim bantuan kemanusiaan yang cukup besar ke negara itu melalui beberapa lembaga bantuan, dan September lalu negara bekas kekhalifahan Utsmani itu membuka pusat pelatihan di Mogadishu, yang direncanakan melatih sekitar 10.000 tentara Somalia.

“Pemerintah saya dan rakyat Somalia kami tidak akan melupakan bantuan besar oleh saudara Turki kami,” Perdana Menteri Somalia Hassan Ali Khaira mengatakan pada upacara pembukaan pusat pelatihan tersebut.

Baca: [Foto] Istanbul yang Tenang dan Menenangkan 

Warga Somalia lain yang menamakan anak perempuannya Istanbul ialah Sumeyye Adussekur, yang mengetahui nama itu ketika melihat drama TV Turki yang populer.

Selama bertahun-tahun serial TV Turki telah diekspor ke 200 negara – bagian dari “soft power” Turki di seluruh dunia – menghasilkan industri televisi domestik negara itu $250 juta, menurut perhitungan pada tahun 2015.

“Saya sangat menyukai keindahan alami Istanbul. Saya bahkan berpikir untuk mengganti nama saya Istanbul. Kemudian Saya memberikan nama itu kepada putri saya yang baru lahir,” tambah Sumeyye.

Dia mengatakan berencana untuk menamakan anak laki-lakinya Erdogan.*/Nashirul Haq AR

Rep: Admin Hidcom

Editor: Cholis Akbar

Update aplikasi Hidcom untuk Android Sekarang juga !

Sebarkan :

Baca Juga

Umroh Akbar Arifin Ilham

Gedung PPH