Internasional

Pernyataan dari Pemerintah Jerman Meredakan Ketakutan Pengungsi Suriah

Pernyataan dari Pemerintah Jerman Meredakan Ketakutan Pengungsi Suriah

Hidayatullah.com –Pemerintah Jerman akan meredakan ketakutan para pengungsi Suriah dan mengatakan tak berniat mendeportasi mereka ke negeri asal, demikian dikitup  media asal Jerman, Deutsche Welle hari Rabu (09/08/2018).

Dikutip dari juru bicara Menteri Dalam Negeri Jerman, Horst Seehofer, bahwasanya Pemerintah Jerman tidak memiliki niat untuk mendeportasi para pengungsi Suriah kembali ke negara mereka.

Kepastian resmi pemerintah Jerman ini keluar setelah pekan lalu muncul pernyataan adanya desakan untuk membahas pemulangan para pengungsi ke negara asal mereka, termasuk pengungsi Suriah.

Baca: Muslim Jerman Sambut Para Pengungsi Suriah

Pemulangan para pengungsi ini bertentangan dengan hukum internasional yang berlaku. Dalam kasus Suriah, masih ada ancaman yang mengancam mereka. Sesuai dengan pasal 33 dari Konvensi Internasional tentang Hak Asasi Manusia.

Sebelumnya, Kanselir Jerman, Angela Merkel menghadapi tekanan yang meningkat atas masalah krisis migran. Hampir 1,1 juta pencari suaka masuk ke Jerman pada tahun 2015.

German bersama Turki  pernah membahas antisipasi tingginya arus pengungsi baru yang akan memasuki Eropa. Selain Jerman, Turki merupakan negara kunci dalam masalah pengungsi. Negara ini merupakan salah satu persinggahan utama para pengungsi yang ingin menuju ke Eropa.

Baca: Pengungsi Suriah dan Afghanistan Bentrok di Jerman

Maret lalu, Kota Pirmasens tidak lagi menerima pengungsi. Langkah tersebut dilakukan setelah pertemuan antara pemerintah negara bagian dan tokoh masyarakat, yang mengatakan selama berbulan-bulan situasi ekonomi kota mereka terlalu sulit untuk membantu pencari suaka yang diterima.

“Kami siap memberikan bantuan jangka pendek kepada Pirmasens, karena kota ini dalam situasi khusus,” kata Menteri Integrasi Negara Bagian Rhineland-Palatinate Anne Spiegel dikutip Deutsche Welle.

Ada sekitar 500 ribu pengungsi asal Suriah di Jerman, menurut perhitungan terakhir dari Kantor Pemerintah.*/Ja’far Auzan Muzakki

Rep: Admin Hidcom

Editor: Cholis Akbar

Update aplikasi Hidcom untuk Android Sekarang juga !

Sebarkan :

Baca Juga

Umroh Akbar Arifin Ilham

Gedung PPH