Internasional

Ada Teriakan Pro-Nazi, Konser Musik di Jerman Distop Polisi

Ada Teriakan Pro-Nazi, Konser Musik di Jerman Distop Polisi
Anggota neo-Nazi Jerman.

Hidayatullah.com–Konser musik yang digelar kelompok kanan-jauh di negara bagian Saxony, Jerman, dihentikan oleh pihak kepolisian setelah terdengar terikan “Sieg Heil”, seruan kemenangan era Nazi.

Hukum di Jerman melarang menggunaan slogan atau simbol apapun yang berkaitan dengan Nazi, misalnya menunjukkan simbol swastika.

Konser itu, yang digelar di kota kecil Ostritz, menampilkan dua grup musik beraliran politik kanan-jauh dan menarik minat ratusan penonton, kata pihak kepolisian seperti dilansir DW.

“Sekitar pukul 11:20 malam waktu setempat, petugas kepolisian yang mengawal acara itu mendengar teriakan ‘Sieg Heil’. Sejumlah orang lokal juga melaporkan hal tersebut ke pihak kepolisian,” kata Kepolisian Saxony dalam sebuah pernyataan.

“Polisi memgakhiri konser itu sekitar pukul 1:10 dini hari dan semua pesertanya meninggalkan tempat itu,” imbuh polisi.

Kelompok-kelompok kanan-jauh kerap menggelar konser rock di Ostritz, kota kecil dekat perbatasan dengan Polandia. Bulan April lalu misalnya, ratusan neo-Nazi berkumpul di kota itu dalam festival yang waktunya bertepatan dengan tanggal kelahiran Adolf Hitler.

Popularitas kelompok-kelompok kanan-jauh meningkat di Jerman sejak 2015 ketika ribuan migran dan pengungsi asing membanjiri negara itu.*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Update aplikasi Hidcom untuk Android Sekarang juga !

Sebarkan :

Baca Juga

Umroh Akbar Arifin Ilham

Iklan Bazar