Internasional

Kasus Pencurian Koper Uang Robert Mugabe Mulai Disidangkan

Kasus Pencurian Koper Uang Robert Mugabe Mulai Disidangkan
Robert Mugabe dan istrinya Grace Mugabe.

Hidayatullah.com–Tiga orang terdakwa dihadirkan di pengadilan di Zimbabwe dengan tuduhan mencuri koper berisi uang $150.000 milik Robert Mugabe, presiden yang dilengserkan militer.

Ketiga orang itu membelanjakan uang yang mereka curi untuk membeli mobil, rumah dan hewan.

Seorang kerabat dekat Mugabe, Constantia Mugabe, termasuk yang duduk di kursi terdakwa, lapor media milik pemerintah seperti dilansir BBC Kamis (10/1/2019).

Wanita itu diduga memiliki kunci rumah Mugabe yang terletak di daerah pedesaan di Zvimba, dekat ibukota Harare, dan memberikan akses kepada pelaku lainnya.

Terdakwa lainnya bekerja sebagai tukang bersih-bersih ketika pencurian terjadi, antara 1 Desember dan awal Januari lalu.

“Johanne Mapurisa membeli sebuah Toyota Camry … dan sebuah rumah seharga $20.000 usai kejadian,” kata jaksa penuntut Teveraishe Zinyemba kepada hakim pengadilan rendah Chinhoyi.

“Saymore Nhetekwa juga membeli sebuah Honda … dan hewan-hewan ternak seperti babi dan sapi sebanyak jumlah yang tidak diungkapkan.”

Mugabe, sekarang berusia 94 tahun, dipaksa meletakkan jabatan presiden oleh militer pada 2017. Secara keseluruhan dia berkuasa selama 37 tahun, diawali sebagai perdana menteri kemudian presiden Zimbabwe.

Sejak dilengserkan, Mugabe mengalami kesulitan berjalan dan menghabiskan waktunya selama beberapa bulan di Singapura untuk menjalani perawatan medis.

Tidak jelas apakah dia berada di rumah ketika pencurian terjadi.

Ketiga terdakwa dibebaskan dari tahanan dengan uang jaminan. Sementara orang keempat masih buron, lapor AFP.*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Update aplikasi Hidcom untuk Android Sekarang juga !

Sebarkan :

Baca Juga

Umroh Keluarga

Iklan Bazar