Internasional

Kebakaran Hutan di New Zealand, 3.000 Orang Mengungsi

Kebakaran Hutan di New Zealand, 3.000 Orang Mengungsi
Ribuan orang mengungsi akibat kebakaran hutan di dekat Nelson, New Zealand.

Hidayatullah.com—Angin kencang yang berhembus hari Ahad (10/2/2019) diduga kuat akan memperbesar api yang sudah seminggu melalap kawasan hutan di wilayah South Island, New Zealand, memaksa ribua orang meninggalkan rumah-rumah mereka, kata pihak berwenang.

NZ Civil Defence dalam pernyataan di websitenya mengatakan bahwa kebakaran Pifgeon Valley sudah menghanguskan lahan seluas 2.300 hektar dengan perimeter 25km, lapor Reuters.

Meskipun demikian, sampai saat ini tidak ada korban jiwa dan hanya satu rumah yang hangus terbakar.

Ahad pagi, sebanyak 155 petugas pemadam kebakaran berjibaku melawan si jago merah dengan dukungan 23 helikopter dan 3 pesawat bersayap tetap, kata dinas NZ Civil Defence, menjadikannya operasi pemadaman api terbesar yang pernah dilakukan sepanjang sejarah negara itu.

Roger Ball, kontroler NZ Civil Defence, dalam konferensi pers hari Sabtu mengatakan bahwa sekitar 3.000 orang terpaksa mengungsi meninggalkan daerah Wakefield dan Pigeon Valley.

Manajer Komunikasi Palng Merah New Zealand Ellie van Baaren mengatakan para pengungsi merasa kelelahan dan frustasi.

Kebanyakan daerah yang terdampak di selatan Nelson merupakan daerah hutan dan perkebunan kecil. Sejumlah hewan ternak ikut diungsikan demi keselamatan mereka.

Api mulai berkobar hari Senin dan pada hari Selasa merambah luas dengan cepat. Hari Rabu pihak berwenang menyatakan keadaan darurat.

Selain petugas damkar profesional, aparat dari kepolisian, pertahanan sipil dan militer bahu membahu berusaha memadamkan api.*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Update aplikasi Hidcom untuk Android Sekarang juga !

Sebarkan :

Baca Juga

Umroh Akbar Arifin Ilham

Gedung PPH