Internasional

Puluhan Migran Tenggelam di Lepas Pantai Tunisia

Puluhan Migran Tenggelam di Lepas Pantai Tunisia
Korban selamat mengatakan perahu berlayar dari Zuwara di Libya hari Kamis (9/5/2019) dan mengalami masalah setelah diterjang ombak besar.

Hidayatullah.comSedikitnya 65 migran kehilangan nyawa setelah perahu yang mereka tumpangi terbalik di Laut Tengah dekat Tunisia, kata organisasi urusan pengungsi Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Enam belas orang berhasil diselamatkan, kata UNHCR dalam sebuah pernyataan, lansir BBC Jumat (10/5/2019).

Mereka yang selamat mengatakan perahu berlayar dari Zuwara di Libya hari Kamis dan mengalami masalah setelah diterjang ombak besar.

Para penyintas dibawa ke pesisir dengan oleh Angkatan Laut Tunisia dan menunggu izin untuk mendarat. Satu orang dilarikan ke rumah sakit untuk menjalani perawatan medis, kata UNHCR.

AL Tunisia segera mengerahkan kapalnya setelah mendengar peristiwa itu dan mendapati sebuah kapal ikan sedang berusaha menyelamatkan sejumlah korban selamat, kata Kementerian Pertahanan Tunisia dalam sebuah pernyataan.

Para migran penumpang perahu malang itu diketahui berasal dari kawasan sub-Sahara Afrika.

Ribuan orang migran berusaha menyeberangi Laut Tengah (Mediterania) menuju Eropa setiap tahun, dan Libya menjadi tempat keberangkatan mereka.

Namun, sejak pertengahan 2017, jumlah migran yang berusaha menyeberang lewat jalur itu berkurang banyak. Penurunan itu lebih dikarenakan adanya patroli rutin petugas Italia dan Libya yang merusaha mencegah pelayaran mereka dan jika ditemukan di tengah laut mereka digiring kembali ke Libya. Tindakan Italia dan Libya tersebut banyak dikecam organisasi pembela hak asasi manusia.

Bulan Januari, PBB merilis sebuah laporan yang menyebutkan bahwa pada tahun 2018 enam migran tewas setiap harinya saat menyeberangi Laut Mediterania.*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Update aplikasi Hidcom untuk Android Sekarang juga !

Sebarkan :

Baca Juga

Umroh Keluarga

Iklan Bazar