Internasional

Amerika Serikat Akan Mengurangi Jumlah Pasukan di Afghanistan Pada 2020

Amerika Serikat Akan Mengurangi Jumlah Pasukan di Afghanistan Pada 2020
The Nation
Tentara Amerika Serikat di Afghanistan.

Hidayatullah.com—Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo hari Senin (29/7/2019) mengatakan bahwa Presiden Donald Trump mengarahkannya agar mengurangi jumlah pasukan tempur AS di Afghanistan pada tahun 2020.

Dilansir DW, berbicara dalam sebuah acara di Washington Pompeo mengatakan bahwa kebijakan pengurangan jumlah prajurit di Afghanistan itu adalah arahan yang “pasti” dari Presiden Trump, meskipun dia tidak memberikan batas waktunya maupun berapa jumlah pasukan yang akan ditarik pulang.

“Akhiri perang yang tak berkesudahan, menarik diri, mengurangi (pasukan),” kata Pompeo, seraya mengatakan bahwa kebijakan serupa juga akan dilakukan oleh negara-negara lain yang juga mengirimkan pasukannya ke Afghanistan.

Amerika Serikat secara resmi mengakhiri misi tempurnya di Afghanistan pada tahun 2014. Meskipun demikian, sekitar 14.000 personel militernya masih bercokol di sana dengan alasan memberikan dukungan serangan udara dan pelatihan bagi prajurit tentara nasional Afghanistan.

Saat ini Amerika Serikat bernegosiasi dengan Taliban untuk mengakhiri perang yang sudah berlangsung 18 tahun di Afghanistan. Taliban mengatakan pembicaraan langsung dengan pihak pemerintah Afghanistan di Kabul baru dapat terwujud apabila seluruh pasukan asing yang ada di negeri itu ditarik.*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Update aplikasi Hidcom untuk Android Sekarang juga !

Sebarkan :

Baca Juga

Hidayatullah Depok

Iklan Bazar