Internasional

Tidak Hanya Baltimore, Banyak Kota Besar di Amerika Punya Masalah Tikus

Tidak Hanya Baltimore, Banyak Kota Besar di Amerika Punya Masalah Tikus

Hidayatullah.com—Di tengah-tengah perang kata-kata di Twitter antara Presiden Donald Trump dan anggota Kongres AS Elijah Cummings menyangkut Baltimore, terungkap kenyataan bahwa banyak kota-kota besar di Amerika Serikat yang kewalahan menghadapi masalah tikus.

Presiden Trump menyebut distrik yang diwakili oleh Cummings (politisi Demokrat dari Maryland), termasuk Baltimore, sebagai daerah yang dijangkiti oleh tikus dan hewan pengerat. Kontan pernyataannya itu mengundang kecaman dari banyak pihak.

Namun apabila dicermati, Baltimore memang termasuk kota di Amerika Serikat yang paling banyak tikusnya, meskipun bukan terbanyak, lansir RT Senin (29/7/2019).

Dalam daftar tahunan yang disusun layanan pembasmi hama Orkin, Baltimore berada di posisi ke sembilan dari 50 kota yang paling banyak populasi tikusnya di Amerika Serikat.

Upaya keras kota itu untuk mengurangi populasi tikusnya bahkan diabadikan dalam sebuah film dokumenter tahun 2017 bertajuk “Rat Film” yang ditayangkan oleh stasiun televisi PBS.

Saat berkeliling kota itu tahun lalu, Wali Kota baltimore Catherine Pugh –yang kemudian meletakkan jabatan dengan penuh rasa malu– sempat berkomentar, “Wuah, kita bahkan bisa mencium bau tikus,” dalam sebuah rekaman video yang kemudian viral.

Dalam daftar Orkin 2018, daerah lain yang lebih banyak tikusnya dibanding Baltimore antara lain Los Angeles. Kota di California itu menduduki peringkat 2, mengalahkan New York.

“Tikus di mana-mana,” kata Niamh Quinn, Human-Wildlife Interactions Advisor di University of California kepada KNBC Los Angeles bulan Juni.

“Saya tidak pernah melihat kotoran sebanyak ini,” ujarnya setelah menginspeksi daerah Produce District di kota LA.

Tidak seperti New York dan Baltimore, pihak berwenang di LA tidak memiliki program resmi untuk membasmi hewan-hewan pengerat itu.

Usaha untuk membersihkan jalan-jalan di LA dari tikus justru memperparah keadaan. Tanpa membuat rencana penanggulangan yang tepat, membersihkan sampah dari kota lalu menumpuknya di daerah lain justru membuat tikus semakin leluasa beranak-pinak.

Lantas kota mana yang paling banyak tikusnya di Amerika Serikat? Chicago adalah juaranya.

Menurut daftar Orkin, kota itu menempati posisi pertama dalam hal populasi tikus selama empat tahun berturut-turut.

Berdasarkan hasil studi lain oleh layanan pencarian apartemen Rent Hop, para petugas di Chicago menerima pengaduan soal tikus lebih banyak dibanding kota lain di AS pada tahun 2017, naik 55% dibanding 3 tahun sebelumnya.*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Update aplikasi Hidcom untuk Android Sekarang juga !

Sebarkan :

Baca Juga

Hidayatullah Depok

Iklan Bazar