Internasional

Tokoh Berbagai Kalangan di Sudan Minta AS Coret Negaranya dari Daftar Sponsor Teroris

Tokoh Berbagai Kalangan di Sudan Minta AS Coret Negaranya dari Daftar Sponsor Teroris
Rakyat Sudan memprotes kenaikan harga roti dan BBM.

Hidayatullah.com–Tokoh-tokoh dari kalangan aktivis, akademik, politik dan masyarakat menandatangani sebuah surat terbuka yang ditujukan untuk Presiden Amerika Serikat Donald Trump agar mencoret nama negara mereka dari daftar sponsor terorisme.

Sudan dimasukkan oleh AS dalam daftar negara sponsor terorisme pada tahun 1993.

Surat panjang yang diteken 79 orang itu meminta agar Sudan yang sekarang sedag berevolusi tidak dikaitkan dengan perbuatan-perbuatan buruk rezim sebelumnya pimpinan Omar al-Bashir.

Salah satu penandatangan, ketua Persatuan Dokter Sudan cabang Inggris Dr. Sara Abdigalil, mengatakan kepada BBC Newsday bahwa sanksi yang dijatuhkan atas Sudan, dikarenakan termasuk di dalam daftar hitam itu, membatasi investasi yang akan masuk ke negaranya.

“Keadaan jelas sudah berubah, perlawanan tanpa kekerasan ini menentang para pemimpin ideologi yang mendukung terorisme. Mencabut sanksi tidak hanya akan bermanfaat bagi rakyat Sudan tetapi juga global. Apabila Anda bicara soal terorisme tanpa adanya stabilitas ekonomi, maka akan sulit untuk memerangi terorisme,” kata wanita itu seperti dikutip BBC Senin (2/12/2019).

Sudan juga dijatuhi sanksi oleh AS dengan tuduhan pemerintah Khartoum mendukung kelompok Al-Qaeda.*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Update aplikasi Hidcom untuk Android Sekarang juga !

Sebarkan :

Baca Juga

Hidayatullah Depok

Iklan Bazar