Internasional

Robot Melayani Pengunjung Restoran di Kabul

Robot Melayani Pengunjung Restoran di Kabul

Hidayatullah.com–Robot pelayan pertama yang pernah ada di Afghanistan melayani para pengunjung sebuah restoran di pusat kota Kabul dengan membawakan mereka hidangan kentang goreng.

“Terima kasih banyak,” ujar mesin itu dalam bahasa Dari, salah satu bahasa lokal yang paling banyak penuturnya di negeri yang porak poranda akibat perang itu.

Manajer restoran Mohammad Rafi Shirzad mengatakan robot humanoid itu, yang diimpor dari Jepang dan didesain sekilas tampak seperti pelayan wanita berhijab, sudah mampu menarik pelanggan baru sejak mesin tersebut dipekerjakan.

“Menarik bagi banyak orang di sini melihat ada robot dalam kehidupan nyata,” ujarnya seperti dikutip AFP Jumat (14/2/2020). “Kadang ada anak-anak yang melompat kegirangan dan terkejut saat melihat robot membawakan mereka makanan.”

Sementara robot sudah menjadi barang biasa bagi orang-orang di Jepang dan Cina, kehadiran robot pelayan merupakan pemandangan yang tidak biasa di Afghanistan.

Bocah lelaki berusia 9 tahun Ahmad Zaki sangat ingin melihat robot itu secara langsung.

“Saya melihat robot itu di televisi, dan saya meminta ayah agar mengantarkan saya ke restoran ini,” ujarnya.

Diberi nama Timea dengan tinggi 150 cm, robot itu hanya melakukan pekerjaan dasar. Robot itu mengantarkan piring ke pengunjung restoran, hidangan yang di pesan, serta dapat mengucapkan beberapa kalimat dasar seperti “selamat uang tahun.” Robot juga dapat berhenti ketika berpapasan dengan halangan, dan pelanggan dapat memasukkan pesanan lewat panel sentuh di badan robot.

Namun, kabar itu bukan tanpa kontroversi.

“Ini merupakan kesalahan konyol,” tulis warga Afghanistan Kashif Abobaker di Facebook. “Mereka mempekerjakan robot sementara puluhan ribu pemuda kesulitan mencari pekerjaan.”*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Update aplikasi Hidcom untuk Android Sekarang juga !

Sebarkan :

Baca Juga

Hidayatullah Depok

Iklan Bazar