Internasional

PBB: Afrika Timur Terancam Kelaparan karena Hama Belalang

PBB: Afrika Timur Terancam Kelaparan karena Hama Belalang

Hidayatullah.com— Perserikatan Bangsa-Bangsa memperingatkan ancaman kelaparan di Afrika Timur apabila serangan belalang di kawasan itu tidak segera diatasi.

Hama belalang sejauh ini sudah menjangkiti Ethiopia, Somalia, Kenya, Tanzania dan uganda, merusak tanaman pertanian dan perkebunan di daerah-daerah yang dilanda kekurangan bahan pangan.

Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO) berupaya menggalang dana untuk penyemprotan insektisida lewat udara guna mengatasi masalah itu dalam beberapa pekan mendatang.

Apabila tidak segera dilakukan penyemprotan, kata PBB, belalang yang jumlahnya sudah mencapai miliaran itu akan berkembang biak semakin banyak, dan bantuan kemanusiaan dalam jumlah besar harus disediakan.

“Kabar baiknya adalah kita berada di antara dua musim tanam sehingga kita memiliki kesempatan untuk mengurangi beban hama belalang sebelum masa tanam selanjutnya, yang dimulai pada bulan Maret dan April di sebagian besar daerah,” kata Direktur Kedaruratan FAO Dominique Burgeon kepada BBC Newsday Kamis (13/2/2020).*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Update aplikasi Hidcom untuk Android Sekarang juga !

Sebarkan :

Baca Juga

Hidayatullah Depok

Iklan Bazar