Internasional
Dompet Dakwah Media

Kendaraan Amfibi Tenggelam Saat Latihan, 8 Tentara Amerika Serikat Hilang

Kendaraan Amfibi Tenggelam Saat Latihan, 8 Tentara Amerika Serikat Hilang

Hidayatullah.com—Tujuh anggota US Marines dan seorang anggota Angkatan Laut Amerika Serikat hilang pada hari Jumat (31/7/2020), sehari setelah kendaraan tempur amfibi mereka tenggelam di pesisir selatan California ketika menjalani latihan, kata pejabat Marine Corps.

Tujuh anggota marinir lain berhasil diselamatkan dalam keadaan hidup, sedangkan satu tewas saat kendaraan mereka kebanjiran air dan tenggelam hari Kamis sekitar pukul 5:45 sore waktu Pasifik, kata pejabat militer AS dalam konferensi pers seperti dilansir The Guardian.

“Mereka memberikan sinyal kepada anggota unit lainnya bahwa mereka kemasukan air,” kata Letjen Joseph Osterman, seraya menambahkan bahwa dua kendaraan serbu amfibi (AAV) dan sebuah kapal penyelamat langsung bergerak untuk menyelamatkan mereka.

Dua marinir yang berhasil diselamatkan saat ini dalam kondisi kritis di Scripps Memorial Hospital La Jolla, sedangkan lima lainnya sudah kembali ke kapal tempat tugasnya, kata Jenderal David Berger.

Misi pencarian dan penyelamatan yang melibatkan sebuah kapal perusak US Navy dan sebuah kapal US Coast Guard berlanjut pada Jumat petang untuk mencari marinir dan personel US Navy yang masih hilang. Namun, para pejabat mengatakan misi itu mengalami kesulitan karena lokasi AAV yang tenggelam berada beberapa ratus kaki di bawah permukaan air, di luar jangkauan para penyelam.

“Dengan bobot 26 ton, asumsinya kendaraan itu langsung tenggelam ke dasar,” ujar Osterman, yang mengatakan para marinir mengenakan perlengkapan perang serta jaket pelampung ketika insiden terjadi.

Menurut Marines Corps peristiwa itu terjadi saat latihan rutin di dekat San Clemente Island. Marinir AS sering menggelar latihan serangan pantai di sana dengan menggunakan kendaraan amfibi pengangkut pasukan.

Berger mengatakan pihaknya menghentikan sementara operasional semua AAV sampai penyebab kecelakaan itu dipastikan. Dia juga mengatakan semua AAV yang ada akan diperiksa.

Semua marinir itu ditugaskan di 15th Marine Expeditionary Unit, yang berbasis di Camp Pendleton, pangkalan marinir terbesar di pantai barat Amerika Serikat yang terletak antara dua wilayah county, Orange dan San Diego.

Kejadian hari Kamis itu merupakan kecelakaan ketiga dalam beberapa tahun terakhir saat latihan yang melibatkan kendaraan AAV dengan korban meninggal atau terluka yang dialami marinir Camp Pendleton.

Kendaraan-kendaraan AAV itu sudah digunakan militer Amerika Serikat sejak tahun 1972 dan terus diremajakan. Pejabat Marines Corps mengatakan hari Jumat bahwa mereka tidak mengetahui usia atau informasi rinci lain tentang AAV yang tenggelam itu.*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Dukung Kami, Agar kami dapat terus mengabarkan kebaikan Lebih lanjut, Klik Dompet Dakwah Media Sekarang!

Update aplikasi Hidcom untuk Android Sekarang juga !

Sebarkan :

Baca Juga

Rumah Wakaf

Rumah Wakaf