Internasional
Dompet Dakwah Media

Negara-negara DK PBB Desak ‘Israel’ Hentikan Semua Ekspansi Pemukiman Ilegal

Negara-negara DK PBB Desak ‘Israel’ Hentikan Semua Ekspansi Pemukiman Ilegal
EPA
Pemandangan lingkungan permukiman ilegal Yahudi Givat Hamatos di Yerusalem timur, 17 November 2020.

Hidayatullah.com–Enam anggota Uni Eropa dari Dewan Keamanan PBB mendesak ‘Israel’ pada hari Rabu (18/11/2020) untuk membatalkan keputusannya memajukan pembangunan lebih dari 1.000 bangunan permukiman di daerah Tepi Barat yang diduduki, Daily Sabah melaporkan.

“Kami sangat khawatir dengan keputusan otoritas ‘Israel’ untuk membuka proses penawaran untuk pembangunan unit perumahan untuk permukiman baru di Givat Hamatos,” kata Belgia, Estonia, Prancis dan Jerman dalam sebuah pernyataan mengenai lokasi utama antara Yerusalem dan Bethlehem.

Mereka bergabung dengan Irlandia dan Norwegia “sebagai anggota baru Dewan Keamanan”.

Kelompok tersebut menasihati ‘Israel’ untuk “membalikkan keputusan negatif ini pada saat kritis dan sensitif ini dan untuk menghentikan semua ekspansi pemukiman yang berkelanjutan, termasuk di Yerusalem timur (Baitul Maqdis) dan daerah sensitif seperti Har Homa, Givat Hamatos dan E1 serta pembongkaran, termasuk yang didanai oleh Uni Eropa- struktur”.

Mereka mengatakan permukiman ilegal menurut hukum internasional dan mereka tidak akan mengakui perubahan apa pun pada perbatasan sebelum 1967, termasuk Yerusalem, selain yang disetujui oleh para pihak.

Otoritas Tanah ‘Israel’ mengumumkan akhir pekan lalu bahwa mereka membuka tender untuk lebih dari 1.200 bangunan baru di pemukiman Givat Hamatos, menurut kelompok anti-pemukiman Israel Peace Now.

PBB dan Uni Eropa juga mengatakan prihatin dengan langkah tersebut.

Tepi Barat, termasuk Yerusalem Timur, dianggap sebagai “wilayah pendudukan” di bawah hukum internasional, membuat semua permukiman Yahudi di sana ilegal.*

Rep: Fida' A.

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Dukung Kami, Agar kami dapat terus mengabarkan kebaikan Lebih lanjut, Klik Dompet Dakwah Media Sekarang!

Update aplikasi Hidcom untuk Android Sekarang juga !

Sebarkan :

Baca Juga

Rumah Wakaf

Rumah Wakaf