Kabar dari Suriah

PBB : 130.000 Orang Telah Mengungsi dari Ghouta Timur

PBB : 130.000 Orang Telah Mengungsi dari Ghouta Timur
Reuters
Ribuan penduduk mengungsi keluar Ghouta Timur

Hidayatullah.com–Sekitar 130.000 orang dilaporkan telah mengungsi dari kawasan daerah pinggiran Damaskus selama serangan rezim Suriah yang memakan waktu berminggu-minggu, kata Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Senin.

Dilansir Anadolu Agency, juru bicara PBB Stephane Dujarric mengatakan PBB dan mitra-mitranya bekerja untuk meringankan krisis kemanusiaan yang disebabkan oleh serangan terhadap Ghouta Timur, namun ” ada kebutuhan yang sangat besar [di tempat tersebut]”.

“PBB terus menyerukan akses yang aman, tanpa gangguan dan berkelanjutan untuk semua yang membutuhkan, dan setiap evakuasi warga sipil harus aman, sukarela, dan ke tempat yang mereka pilih sendiri,” katanya.

Baca: 120 Ribu Warga Tinggalkan Ghouta Timur

“Sangat penting bahwa warga sipil memiliki hak untuk kembali segera setelah situasi memungkinkan.”

Pada 24 Februari lalu, Dewan Keamanan PBB dengan suara bulat mengadopsi Resolusi 2401 yang menyerukan gencatan senjata di Suriah – terutama di Ghouta Timur – untuk memungkinkan pengiriman bantuan kemanusiaan.

Baca: Rezim Suriah Persiapkan Serangan ‘Besar’ ke Ghouta Timur

Meskipun Resolusi PBB sudah ada, rezim keji dan sekutu-sekutu Bashar  di awal Maret tetap melakukan serangan – yang didukung oleh kekuatan udara Rusia – untuk menguasai kawasan yang dipegang oleh pihak oposisi.

Sejak 19 Februari lalu, lebih dari 1.400 sipil telah tewas dalam serangan oleh rezim dan sekutu-sekutunya di Ghouta Timur, berdasarkan data pertahanan sipil setempat.

Ghouta Timur yang menjadi rumah bagi sekitar 400.000 penduduk sudah dikepung selama lima tahun terakhir sehingga pengiriman pasokan bantuan kemanusiaan mengalami kesulitan.*/Sirajuddin Muslim

Rep: Admin Hidcom

Editor:

Update aplikasi Hidcom untuk Android Sekarang juga !

Sebarkan :

Baca Juga

Umroh Akbar Arifin Ilham

Gedung PPH