Nasional

Masih Ada Satu Juta Orang Antri jadi Calon Jemaah Haji

Hidayatullah.com–Antrian calon jemaah haji Indonesia sampai sekarang ini sekitar satu juta lebih, karena itu berbahagialah bagi kelompok terbang 15 yang bisa berangkat ke Tanah Suci tahun 2010.
Sekretaris Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama RI, M Abdul Ghafur Djawahir menyampaikan itu ketika melepas calon jamaah haji kloter 15 di Palembang, Sabtu (30/10). Menurut dia, kalau musim haji ia merasa sedih, karena banyak teman-teman yang datang ke rumah ingin cepat berangkat haji.
Antrean sekarang ini sudah lebih satu juta orang, katanya di hadapan calon jamaah haji kloter 15 yang menunggu pemberangkatan ke Tanah Suci. Ia menyatakan, untuk pemberangkatan calon haji itu adanya kuota dan Indonesia sebanyak 221 ribu pada tahun 2010.
“Untuk mengatur supaya adil, maka menggunakan komputerisasi,” ujarnya.
Ia mengatakan, dengan sistem itu maka mereka yang duluan bisa dapat nomor urut untuk keadilan. Ia juga menuturkan, kepada calon jemaah haji Sumatera Selatan yang akan berangkat ke Tanah Suci kalau cuaca di Arab Saudi dari tingkat derajatnya tidak jauh berbeda dengan Indonesia.
Ia juga mengimbau, para calon jemaah haji untuk banyak-banyak minum air zam-zam supaya tetap sehat, sehingga bisa menjalani ibadah dengan baik. “Selain itu, calon jemaah haji juga diharapkan bersabar, karena dengan sekian juta calon haji di sana maka tidak ada kendaraan yang tepat waktu,” ujarnya.
Pada kloter 15 calon jamaah haji yang diberangkatkan melalui embarkasi haji Palembang sebanyak 359 orang. [ant/hidayatullah.com]

Rep: Admin Hidcom

Editor: Administrator

Update aplikasi Hidcom untuk Android Sekarang juga !

Sebarkan :

Baca Juga

Umroh Akbar Arifin Ilham

Iklan Bazar