Nasional

Inilah Restoran Besar yang Belum Bersertifikasi Halal versi LPPOM MUI

Inilah Restoran Besar yang Belum Bersertifikasi Halal versi LPPOM MUI
Pembeli sedang antri di outlet Bread Talk

Hidayatullah.com–Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM-MUI) merilis sejumlah restoran  ternama yang belum melakukan sertifikasi halal.

“Setidaknya ada enam restoran skala nasional yang belum melakukan sertifikasi halal MUI, yakni Starbuck, Paparons Pizza, Hanamasa, Jco, Burger King, Breadtalk,” kata Lukmanul Hakim, Direktur LPPOM MUI, saat penyerahan sertifikat halal MUI kepada Solaria di kantor MUI, Jalan Proklamasi 51 Jakarta, Selasa (03/12/2013) pagi.

Dengan demikian, kata Lukmanul Hakim, menu pada restoran-restoran tersebut diragukan kehalalannya. Hal ini juga dipertegas oleh Ketua MUI, KH Ma’ruf Amin.

“MUI tidak menjamin kehalalan restoran-restoran tersebut. Tetapi, restoran-restoran tersebut bukan berarti haram. Hukumnya jadi syubhat yang patut dijauhkan umat Islam,” terang Kiai Ma’ruf.

Rilis yang dikeluarkan LPPOM MUI ini, jelas Kiai Ma’ruf, bukan bermaksud menjatuhkan bisnis restoran tersebut.

“Kami hanya ingin masyarakat tenang saat mengonsumsi menu-menu di restoran,” ucapnya.

Selain itu, saat ini LPPOM MUI juga tengah melakukan sertifikasi halal beberapa produsen makanan nasional, yakni Bakso Lapangan Tembak Senayan, Ayam Goreng Fatmawati, Top Food Indonesia, Richeese Kuliner Indonesia, dan Roti Boy.*

Rep: Ibnu Syafaat

Editor: Cholis Akbar

Update aplikasi Hidcom untuk Android Sekarang juga !

Sebarkan :

Baca Juga

Umroh Keluarga

Iklan Bazar