Nasional

Ketua MUI: Khatib Perlu Dibekali Bicara Politik dan Ekonomi

Ketua MUI: Khatib Perlu Dibekali Bicara Politik dan Ekonomi
KH Cholil Ridwan

Hidayatullah.com–Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat KH Cholil Ridwan mengatakan siapapun warga Indonesia mempunyai hak sama untuk memimpin, termasuk Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Alasannya konstitusi kita tidak melarangnya.

Hanya saja semua ada resikonya. Karena itu,  Kiai Cholil mengingatkan, jika memang Ahok terpilih menjadi kepala daerah Jakarta, umat muslim juga harus siap-siap menerima ganjarannya.

Lebih khusus, ia mengajak umat Islam lebih peduli dengan dunia politik. Pesantren, majelis ta’lim, dan lembaga Islam menurutnya masih sibuk  pada urusan masing-masing.

“Lembaga pendidikan Islam hanya ngaji sendiri. Tidak untuk kepentingan umat banyak,” demikian kritik Kiai Cholil Ridwan  saat menjadi pembicara taklim “Taqarrab Ilallah“ di Masjid Baiturahman, Menteng Atas, Jakarta.

Ia juga menyarankan agar lembaga-lembaga Islam segera berbenah diri, sadar dan memperhatikan dunia politik.

“Masukkan kesadaran politik,” tambahnya.

Dengan begitu umat Islam akan segera bangkit dari keterpurukan di dalam kekosongan pemimpin yang selama ini jauh dari kata proporsional. Jika perlu, ia mengatakan setiap khatib yang berkhutbah di masjid-masjid dibekali pemahaman politik dan aspek ekonomi agar umat Islam segera memegang kekuasaan.

“Jika perlu bekali khatib bicara politik dan ekonomi agar Islam ikut memegang kekuasaan,” katanya.

Namun ia memberi catatan. Agar pemimpin Islam yang proporsional hadir, umat Islam di seluruh Indonesia mendukung penuh. Bukan  justru dengan berpikir su’uzdan.*

Rep: Robigusta Suryanto

Editor: Cholis Akbar

Update aplikasi Hidcom untuk Android Sekarang juga !

Sebarkan :

Baca Juga

Umroh Keluarga

Iklan Bazar