Nasional
Dompet Dakwah Media

Selain Informatif, Media Islam Harus Punya Peran Edukasi

Selain Informatif,  Media Islam Harus Punya Peran Edukasi
hidayatullah.com/M Abd Syakur
Herry Mohammad

Hidayatullah.com- Redaktur Pelaksana Gatra, Herry Mohammad mengatakan, selain informatif, hendaknya media Islam juga harus mempunyai peran edukasi.

“Awak media adalah mereka yang berada, minimal, satu langkah lebih maju dari masyarakat pembacanya,” kata Herry saat memaparkan materi dalam diskusi bertema, “Jurnalisme Islami dan Tanggung Jawab Moral Wartawan Muslim” di kantor Media Hidayatullah, Jakarta Timur, Rabu (25/03/2015) sore.

Karena itu, menurut Herry, fardhu ‘ain bagi insan media Muslim untuk terus memperdalam dan memperkaya ilmu-ilmu ke-Islamannya. Setiap berita dan artikel yang disiarkan, hendaknya ada muatan edukasinya, agar masyarakat (pembacanya) mendapat ilmu dari apa yang dibaca.

“Di situ letak tugas untuk amar ma’ruf nahi munkar,” ujar Herry.

Selain itu, kata Herry, media Islam harus bisa menjadi pemersatu umat dalam Ahlus Sunnah Wal Jama’ah.

Dan ketika media Islam produknya mampu menjadi jembatan mempersatukan umat, maka pewarta Muslim hendak menjauhkan diri dan produknya dari sikap sektarian sepanjang perbedaan bersifat furu’ (ranting) dan diserahkan kepada internal umat agar persoalan tidak melebar dan memperkeruh suasana.

“Selanjutnya media Islam juga harus bisa menjadi pejuang dan pembela Islam,” ujar Herry.

Hal itu, menurut Herry bisa dilihat dari produk-produknya yang terus menerus dalam mensyiarkan Islam, menegakkan nilai-nilai Islam di tengah masyarakat dan mendorong umat agar melaksanakan ‘Halal Lifestyle’ dalam berbagai bidang kehidupan.*

Rep: Achmad Fazeri

Editor: Cholis Akbar

Dukung Kami, Agar kami dapat terus mengabarkan kebaikan Lebih lanjut, Klik Dompet Dakwah Media Sekarang!

Update aplikasi Hidcom untuk Android Sekarang juga !

Sebarkan :

Baca Juga

Rumah Wakaf