Nasional

Isu Perbedaan Agama Menantu Jokowi Jadi Perbincangan Netizen

Isu Perbedaan Agama Menantu Jokowi Jadi Perbincangan Netizen
TEMPO
Presiden RI Joko Widodo dan istri mengapit putranya, Gibran Rakabuming Raka

Hidayatullah.com—Pernikahan putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka dengan mantan Putri Solo 2009, Selvi Ananda, yang berlangsung hari ini menjadi diskusi masyarakat, utamanya terkait agama kedua orangtuanya dan kedua mempelai.

“Masya Allah, apa bener ini? Kaget saya, “ ujar Ali M angota diskusi di salah satu grups WhatsApps.

“Jadi krn itu pake wali Hakim, krn ortunya masih non Muslim, “ tambah Salman.

“Perkara baca syahadat itu memang urusan dia dengan Allah,” tambah Adit.

“Tugas kita mendakwahi mereka. Yang jelas mantu Jokowi masuk Islam, apapun alasannya, baik yang tersimpan dalam hati, kita tidak tahu,” ujar Husaini.

Akte Lahir Masih Katolik

Seperti diketahui, berdasar administrasi KTP (Kartu tanda Penduduk), Gibran maupun orangtuanya, Jokowi dan Iriana, keterangan beragama Islam. Sedangkan orangtua Selvi, Didit Supriyadi dan Partini, non-Muslim. Ini kendala yang dihadapi saat itu. Pihak keluarga sudah melakukan konsultasi ke Kantor Urusan Agama (KUA) sejak April 2015.

“Meski sebelumnya sempat ada beberapa kendala teknis soal persyaratan, pada akhir bulan Mei lalu, semua persyaratan administrasi sudah dibereskan,” tutur Mukhtaroji, kepala KUA Banjarsari, Solo, dikutip Republika Online, hari Rabu.

Hasil konsultasi kedua calon mempelai ataupun pihak keluarga, ditemukan jalan keluar. Pihak keluarga mempelai wanita, yang non Muslim, menunjuk Wali Hakim. Untuk urusan ini, menyerahkan sepenuhnya kepada KUA.

“Berhubung kedua orangtua calon mempelai perempuan status non-Muslim, wali pengganti nanti dari pihak KUA. Atau mungkin saya sendiri yang mewakili,” kata Mukhtaroji.

Menurut U No. 1/1974 tentang Perkawinan (UU Perkawinan), pernikahan adalah jika dilakukan menurut hukum masing-masing agamanya dan pernikahan pasangan beragama Islam dicatatkan di Kantor Urusan Agama (KUA). Sementara pernikahan pasangan yang beragama selain Islam dicatatkan di Kantor Catatan Sipil (KCS).

Sebagaimana diketahui, calon menantu Presiden Jokowi, Selvi Ananda Putri sebelumnya beragama Kristen Katolik. Namun mendekati hari pernikahannya, calon istri Gibran Rakabuming Raka itu dikabarkan telah memeluk agama Islam.

“Kalau orangtua Selvi saya tidak tahu,” tutur Marmi pemilik warung makanan di barat rumah Selvi saat ditanya Solopos.com, Jumat (10/4/2015) belum lama ini.

Menurut Marmi, Selvi sebelumnya beragama Kristen namun kini menjadi muallaf.

Senada dengan Marmi, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Banjarsari, Solo, H Muchtaroji, Spdi membenarkan, jika Selvi Ananda sudah beragama Islam.

Dikutip laman Aktual.co, Muchtaroji mengatakan, kedua orangtua mempelai perempuan, Didit Supriyadi dan Partini, beragama Katolik, tapi Selvi sudah resmi masuk Islam. Ini dibuktikan dalam akte KTP (Kartu Tanda Penduduk), maupun KK (Kepala Keluarga). Namun, dalam akte kelahiran masih tercantum agama Katolik.

Dia mengaku telah melihat berkas-berkas syarat pernikahan Selvi dan Gibran yang masuk ke kantornya beberapa waktu lalu. Dalam berkas tersebut, kartu tanda penduduk (KTP) Selvi beragama Islam.

“Di KTP mbak Selvi itu agamanya sudah Islam. Saya dulu pernah lihat berkas-berkasnya saat mengajukan syarat-syarat nikah. Tapi sekarang berkasnya sudah ditarik lagi, karena ada syarat yang kurang,” ungkapnya pada laman Merdeka.*/Anton, berbagai sumber

Rep: Anton R

Editor: Cholis Akbar

Update aplikasi Hidcom untuk Android Sekarang juga !

Sebarkan :

Baca Juga

Umroh Keluarga

Iklan Bazar