Nasional

‘Lawan LGBT dengan Membimbing bukan Mengucilkan’

‘Lawan LGBT dengan Membimbing bukan Mengucilkan’
zulkarnain/hidayatullah.com
Poster "Stop LGBT" pada sebuah aksi di Jakarta, 17 Desember 2017.

Hidayatullah.com– Semakin maraknya perilaku lesbian, gay,  biseksual, dan transgender (LGBT) di Indonesia membuat prihatin Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI). Apalagi beberapa negara ikut mendukung perilaku LGBT.

Oleh sebab itu, Ketua Umum ICMI, Jimly Asshiddiqie, mengajak seluruh masyarakat Indonesia agar mengantisipasi semakin meluasnya LGBT. Antisipasi itu dengan cara membimbing, bukan dengan tindakan mengucilkan apalagi tindak kekerasan secara fisik.

“Kita harus melawan LGBT dengan cara membimbing bukan mengucilkan. Cara-cara dengan pendidikan kesehatan, psikologi, moral, dan keluarga amat berpengaruh untuk hal itu,” ujarnya pada seminar nasional di Jakarta, Rabu (07/02/2018).

Baca: Instrumen Hukum Pidana Dinilai Bisa untuk Membina LGBT

Menurut Jimly, perubahan zaman akibat pesatnya perkembangan teknologi mengakibatkan banyak hal dapat berubah.

Dampaknya, ucapnya, kehidupan generasi muda kini akhirnya terpengaruh kehidupan bebas, salah satunya LGBT.

“Kita sebagai rakyat Indonesia harus ikut menyelamatkan generasi muda. Jangan sampai para generasi muda terjerumus hal yang merusak dirinya, salah satunya LGBT,” katanya.

Baca: ICMI: Darurat LGBT, Tangani dengan Pendekatan segala Lini

Ia menuturkan, berbagai bentuk peran serta upaya dapat dilakukan guna menyelamatkan generasi muda Indonesia dari pengaruh LGBT. Pendidikan agama terutama amat diperlukan, sebab semua ajaran religi telah jelas juga tidak menyetujui LGBT.

“Peran lain harus ada dari para pemuka agama, khususnya cendekiawan Islam, dapat mengoptimalkan dalam menuntun generasi muda dengan menginformasikan perilaku yang baik dan buruk dalam kehidupan,” jelasnya.

Baca: Jika LGBT Tak Diatur KUHP, Umat Perlu ke Jakarta Lagi Seperti Aksi 212

“Itu harus dilakukan sejak usia dini,” tandasnya.

Terkait aturan hukum kepada pelaku LGBT, Jimly menjelaskan, ICMI berencana mendatangi dan berdialog dengan anggota DPR soal undang-undang terkait LGBT.* Zulkarnain

Rep: Admin Hidcom

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Update aplikasi Hidcom untuk Android Sekarang juga !

Sebarkan :

Baca Juga

Umroh Akbar Arifin Ilham

Gedung PPH