Nasional

Yahya Staquf Kunjungi Israel, KH Ma’ruf Amin: Itu Tanggung Jawabnya

Yahya Staquf Kunjungi Israel, KH Ma’ruf Amin: Itu Tanggung Jawabnya
zulkarnain/hidayatullah.com
Ketua Umum MUI yang juga Rais 'Aam PBNU, KH Ma'ruf Amin, berorasi dengan berapi-api pada Aksi Bela Palestina di Lapangan Medan Merdeka Monas, Jakarta, Ahad (17/12/2017).

Hidayatullah.com– Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma’ruf Amin mengatakan, kunjungan Katib Aam Suriyyah PBNU Yahya Cholil Staquf ke Israel sekaligus menjadi pembicara pada Global Forum AJC (Komite Yahudi Amerika) baru-baru ini merupakan tanggung jawab pribadi.

Kiai Ma’ruf yang juga Rais Aam PBNU mengungkapkan, hal itu adalah inisiatif Yahya Staquf.

“Tidak terkait sama sekali (dengan PBNU). Di MUI tidak ada haknya untuk menindak, itu PBNU,” ujarnya usai konferensi pers Tausiyah Menjelang Idul Fitri di Kantor MUI Pusat, Jakarta, Selasa (12/06/2018).

Baca: KH Ma’ruf Amin: Kita Tidak Mendukung Yahya Staquf Kunjungi Israel

Terkait yang dilakukan Yahya Staquf, Kiai Ma’ruf menilai, yang perlu meninjau adalah Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI. Seberapa jauh hal itu mempunyai pengaruh terhadap langkah-langkah diplomasi Indonesia.

“Apakah memperlancar dalam rangka mengupayakan perdamaian dengan tetap menjaga Palestina agar menjadi negara berdaulat, atau justru mengganggu. Nah nanti akan dilihat,” terangnya.

“Tapi sebenarnya diplomasi yang kita inginkan tetap melalui Kemenlu secara resmi,” tambah Kiai Ma’ruf.

Baca: Gerakan Perlawanan Islam Palestina Kecam Kehadiran Yahya C Staquf ke Israel

Untuk itu, ia menegaskan, MUI mendukung sikap pemerintah yang tegas membela Palestina dan mendukung semua negara-negara OKI bahwa Yerusalem (Baitul Maqdis) merupakan ibu kota Palestina.

“Masalah Yahya Staquf itu tidak ada kaitan dengan MUI. Karena itu kita tidak mendukung apa yang dilakukan Yahya Staquf. Tapi kalau untuk memperoleh penjelasan, silakan tanya sendiri kepada Yahya Staquf kenapa dia melakukan itu,” pungkasnya.*

Baca: BDS Sebut Kunjungan Yahya Cholil Staquf Memalukan

Rep: Yahya G Nasrullah

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Update aplikasi Hidcom untuk Android Sekarang juga !

Sebarkan :

Baca Juga

Umroh Akbar Arifin Ilham

Gedung PPH