Nasional

Survei Median: Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf di Bawah 50 Persen

Survei Median: Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf di Bawah 50 Persen

Hidayatullah.com– Lembaga Survei Media Survei Nasional (Median) merilis hasil survei terbaru terkait elektabilitas Calon Presiden dan Wakil Presiden untuk Pemilu 2019 di kawasan Cikini, Jakarta, Selasa (27/11/2018).

Direktur Median Rico Marbun menyampaikan, dalam hasil survei tersebut elektabilitas pasangan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin masih unggul dari pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf sebesar 47,7 persen sedangkan Prabowo-Sandi sebesar 35,5 persen.

“Jokowi unggul sementara, tapi di bawah 50 persen, Prabowo tertinggal tapi dengan jarak yang tidak terlalu jauh,” ujarnya.

Rico mengatakan, ada beberapa aspek yang membuat elektabilitas Jokowi-Ma’ruf tidak melebihi 50 persen. Faktor yang paling berpengaruh adalah soal ekonomi dan kesejahteraan yang dinilai oleh sebanyak 48,9 persen responden.

Adapun beberapa aspek yang dianggap menjadi keberhasilan dari pemerintahan Jokowi selama ini, terang Rico, di antaranya adalah pembangunan infrastruktur 23,3 persen, bantuan tepat sasaran 4,5 persen, kesehatan 3,4 persen, dan pendidikan 3,2 persen.

Namun, ditanya mengenai seberapa yakin responden terkait pembangunan infrastruktur yang menjadi fokus pemerintahan Jokowi dalam menurunkan harga kebutuhan pokok, menambah lapangan pekerjaan, dan membawa perbaikan ekonomi, sebanyak 26,9 persen mengatakan yakin, 29,3 persen tidak yakin, sisanya sebanyak 43,8 persen tidak menjawab.

Survei Median dilakukan pada tanggal 6 hingga 14 November dengan teknik multistage random yang melibatkan responden sebanyak 1.200 orang yang merupakan warga yang memiliki hak pilih dengan margin of error sebesar +/- 2,9 persen pada tingkat Kepercayaan 95 persen.* Yahya G Nasrullah

Rep: Admin Hidcom

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Update aplikasi Hidcom untuk Android Sekarang juga !

Sebarkan :

Baca Juga

Umroh Akbar Arifin Ilham

Gedung PPH